Kapolres Arya Perdana Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Halaman Mapolres Minsel

Minsel9 Dilihat

Jakarta/transparansiindonesia.com – Polres Minahasa Selatan menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89, Senin (30/10), yang dipusatkan di halaman utama Polres Minahasa Selatan dihadiri oleh seluruh pejabat utama, perwira, para Kapolsek serta personil jajaran.

Upacara yang mengusung tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu” ini dipimpin langsung oleh Kapolres Minahasa Selatan AKBP Arya Perdana, SH,SIK,MSi, selaku inspektur upacara, Kasat Reskrim Iptu Mochamad Nandar, SIK, sebagai perwira upacara dan Ipda Rio Panggabean,S.Tr.K, sebagai komandan upacara.

Dalam pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang dibacakan Kapolres disebutkan bahwa Sumpah Pemuda yang diikrarkan oleh seluruh organisasi kepemudaan dari berbagai pelosok daerah, pulau dan suku serta keberagaman agama di nusantara menjadi satu peristiwa tonggak sejarah monumental sebagai perwujudan rasa persatuan dan kesatuan.

Baca juga:  Pemdes Makaaroyen Salurkan BLT-Dandes Bulan Ke-3 Kepada 14 KPM

“Pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 Pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di jalan kramat raya, daerah kwitang Jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu, Indonesia. Sungguh, sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia,” demikian dibacakan Kapolres.

Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di Polres Minahasa Selatan dirangkaikan dengan Pembacaan Teks Pancasila, UUD 1945 serta Keputusan Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 sebagai cikal bakal Sumpah Pemuda.  (Hengly/TI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *