Menkopolhukam; “Situasi di Papua dan Papua Barat Berangsur Normal”

Menkopolhukam; “Situasi di Papua dan Papua Barat Berangsur Normal”

Jakarta, transparansiindonesia.co.id — Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Menkopolhukam RI) Wiranto, mengatakan bahwa situasi di Papua dan Papua Barat pasca terjadinya kerusuhan beberapa waktu lalu mulai berangsur pulih dan aktifitas masyarakat mulai berjalan normal.

“Pasca kerusuhan beberapa waktu lalu, situasi di Papua dan Papua Barat saat ini mulai berangsur normal, aktifitas masyarakat berjalan seperti biasa beberapa fasilitas publik mulai dibuka, SPBU, Pertokoan, dan kantor-kantor mulai buka, begitupula dengan angkutan-angkutan mulai beroperasi, tapi sekolah-sekolah masih diliburkan,” jelas Wiranto.

Hal tersebut dikatakan Wiranto guna menindak-lanjuti perintah Presiden Joko Widodo untuk memberikan secara intensif informasi perkembangan Papua dan Papua Barat kepada masyarakat, untuk diketahui masyarakat.

Dikatakannya pula bahwa langkah-langkah untuk mencegah terjadinya bentrok atau kerusuhan susulan telah diambil, seperti membahas masalah antara OAP dengan masyarakat pendatang, dengan melibatkan unsur Forkopimda, Muspida Jayapura, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan paguyuban nusantara.

“Adu domba ini berhasil dilakukan dengan terjadinya benturan antara OAP dan masyarakat pendatang, sehingga pada demo pertama banyak fasilitas entah itu rumah, toko-toko dari masyarakat pendatang yang dirusak sehingga mereka emosi,” ujar Wiranto.

Wiranto mengatakan sangat bersyukur langkah-langkah yang dilakukan saat ini bersama Muspida, tokoh masyarakat, tokoh adat, yang juga dihadiri Wakapolda Papua, Bupati Jayawijaya, dan perwakilan masyarakat Sorong Raya, dan sepakat untuk menghentikan pertikaian, dan kembali duduk bersama untuk membicarakan kehidupan yang damai, aman, tenteram, yang tidak diwarnai dengan saling memusuhi, dan saling serang-menyerang, serta terus memelihara persatuan dan kesatuan, dan ini akan terus dipertahankan.

Sementara itu di Papua Barat, Wiranto juga melaporkan bahwa secara keseluruhan situasi mulai kondusif, aktifitas masyarakat berjalan normal, dan dengan langkah yang diambil yakni telah dilaksanakan deklarasi damai antara Forkopimda Papua Barat dengan tokoh masyarakat, dan perwakilan masyarakat adat Sorong.

Kemudian pula menurut Wiranto sudah ada pula penggantian kerusakan-kerusakan yang terjadi disana, serta juga dibarengi dengan penambahan pasukan, yang gunanya untuk melindungi masyarakat dan objek-objek vital serta fasilitas umum lainnya dari kerusakan.

Guna bisa langsung mengawasi, mengendalikan situasi di Papua dan Papua Barat agar cepat pulih seperti sedia kala, selama kurang lebih sepekan Kapolri dan Panglima TNI melakukan aktifitas di Papua dan Papua Barat.

“Mari kita doakan agar situasi di Papua dan Papua Barat akan terus kondusif, aman dan damai, serta keseluruhan bagi bangsa Indonesia agar Keutuhan NKRI tetap terjaga,” tutup Wiranto.

(T2)*

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.