DLH Minsel Lakukan Sosialisasi Pembentukan Bank Sampah di Desa Teep

by -252 views

Amurang/transparansiindonesia.com – Terus memantapkan proyek percontohan Bank Sampah, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Pemkab Minsel), melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan sosialisasi pebentukan Bank Sampah, yang kali ini dilaksanakan di Desa Teep Kecamatan Amurang Barat, Selasa (10 / 10/2017).

Dalam Sosialisasi ini, kepala dinas Lingkungan hidup Minsel Roi Sumangkut ST, lewat kepala seksi pengelolaan LB3, Vera Rambe SSi.MM, mensosialisasikan kepada masyarakat, tentang manfaat Bank Sampah ini, Dia mengatakan dengan adanya Bank Sampah, Masyarakat yang dahulunya menganggap sampah adalah sesuatu yang tak berguna lagi, kini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan warga, dengan kumpulan sampah-sampah dari bahan plastik dan kertas, dipilah dan sampah selanjutnya dibawa ke Bank Sampah, yang tentunya akan menambah pengjasilan masyarakat, dan membantu ekonomi keluarga.

Vera Rambe pun menambahkan untuk membuat program bank sampah ini semakin sukses, Ia meminta kepada HukumTua untuk merangkul, perangkat Desa, dan masyarakat untuk pendirian Bank Sampah ini. Karena program ini juga merupakan program pemerintah yang wajin kita tunjang mewujudkan Minsel Meraih Adipura 2018.

Camat Amurang Barat, Sonny Makaenas AP.SIP.MSi dalam kenangannya mengatakan selaku kepala kecamatan Amurang Barat, wakil Bupati dan Wakil Bupati, mengapresiasi proyek percontohan proyek Bank Sampah ini, lewat gagasan Vera Rambe, Iaoun menghimbau, kepada seluruh Lurah san HukumTua yang ada di Amurang Barat, untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat, tentang manfaat dari Bank Sampah ini.

Pejabat HukumTua Desa Teep Kecamatan Amurang Barat, Grace Sangian SE.MM, mengucapkan trrima kasih kepada Pemkab Minsel melalui Dinas Lingkungan Hidup, yang sudah mensosialisasikan rumah sampah, dengan adanya bank sampah ini masyarakat desa Teep, memahami bagaimana Menjadikan sampah yang dahulunya tidak berguna, kini dengan hadirnya bank sampah, membuat sampah itu menjadi berkah, bagi masyarakat, asalkan dijalani dan digeluti dengan tekun dan sabar. Kegiatan ini akan ditindak lanjuti, oleh Pemdes Teep, dengan menjadikan Bank Sampah ini Mitra kerja, yang nanti, akan di kelolah oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

  Sebelum melakukan sosialisasi didesa Teep, Vera Rambe yang merupakan penggagas Pilot Project Bank Sampah, pada pagi saja melakukan pintu ke pintu di setiap SKPD yang ada di Minsel untuk melakukan sosialisasi dan penyerahan buku tabungan serta petunjuk teknis bank sampah, dan langsunh diapresiasi oleh setiap SKPD.

“Jadi sekitar dekapan SKPD yang saya kunjung untuk sosialisasi sekaligus penyerahan buku tabungan dan petunjuk teknis bank sampah, dan itu saja baik oleh SKPD yang saya kunjungi, dan itu nanti akan berlanjut ke SKPD lainnya yang belum bisa saya kunjungi hari ini.” kata Vera Rambe SSI.MM kepada jurnalis transparansiindonesia.com ( Hengly / TI )

Baca juga:  Menyambut HUT Provinsi, Cabang Dikda Minsel-Mitra Gelar Jalan Sehat Bersama