DLH Minsel Bersih-Bersih Pantai Alar

by -340 views

Amurang/transparansiindonesia.com – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Selatan (DLH Minsel) melakukan aksi bersih-bersih Pantai Alar pada Jumat 03/11/2017. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Roi Sumangkut ST, dan diikuti oleh seluruh pegawai dan staf DLH Minsel serta Aparat Desq Pondang, dan para aktifis pencinta lingkungan.

Kegiatan ini mendukung program pemerintah kabupaten Minahasa Selatan, Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH,  untuk meraih Adipura tahun 2018, dan juga dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November mendatang.

Kadis DLH Minsel, Roi Sumangkut mengatakan bahwa salah satu penilaian dalam meraih adipura yaitu keasaan lingkungan yang bersih, indah dan nyaman, maka dari itu DLH Minsel melakukan kegiatan bersih-bersih pantai Alar, sebagai wujud mendukung pemerintah tersebut, serta kadia pun mengharapkan kepada seluruh warga masyarakat Minsel, khususnya tang ada di wilayah Tumpaan-Amurang-Tenga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, dengan cara mengumpulkan sampah, memilahnya, lalu langsung di tabung ke bank sampah, karena di tiga wilayah ini sudah di buka bank sampah.

Baca juga:  Restorative Justice Perkara 335, Pelapor Dan Terlapor Sepakat Damai

Sementara itu Kepala Seksi penanggulangan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (LB3) Vera Rambe, yang selaku penggagas Bank Sampah, mengajak kepada seluruh masyarakat Minsel untuk mendukung Program Pemerintah Meraih Adipura, dengan cara terus menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

  “Kalau dulu Sampah adalah sesuatu yang tidak berharga, tapi kini dengan adanya bank sampah, maka sampah-sampah tersebut boleh menjadi berkah bagi kita, yang juga dapat membantu perekonomian keluarga, tapi itu harus kita tekuni dengan sabar.” kata Vera Rambe.

Iapun menyampaikan terima kasih kepada semya pihak yang telah ikut mendukung program bersih- bersih pantai ini, pihak SEJ yang telah memberi modal awal dan peralatan panunjang, serta pihak IOF dan Lurah serta perangkat keluraha Pondang.

Baca juga:  DLH Minsel Lakukan Sosialisasi Pembentukan Bank Sampah di Desa Teep

Setelah kegiatan bersih-bersih pantai, langsung dilanjutkan dengan kegiatan menabung Sampah di Bank Sampah yang dikelola oleh IOF Minsel, yang berada di Kantor Kelurahan Pondang, Dalam kegiatan ini Masyarakat membawa sampahnya untuk di tabung di Bank Sampah tersebut.

Selain Dinas Lingkungan Hidup, Dalam Program Jumat Bersih ini, juga melibatkan seluruh SKPD yang ada di Minsel, untuk membersihkan dan menata serta mengecat median jalan yang ada di sepanjang jalan Raya Amurang-Tumpaan.  (Hengly/TI)