Reshuflle Kabinet Jilid 3, Ini Ke 4 Orang Yang Dilantik Jokowi di Istana Negara

Nasional12 Dilihat

Jakarta/transparansiindonesia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Sekjen Golkar demisioner Idrus Marham menjadi Menteri Sosial. Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko juga dilantik menjadi Kepala Staf Presiden (KSP) dan Agum Gumelar sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Reshuffle kabinet jilid 3 dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/1/2018) pagi. Presiden Jokowi dan Wapres JK hadir bersamaan di lokasi pada pukul 09.23 WIB.

Idrus dan Moeldoko berdiri berdampingan mengenakan setelan jas berwarna hitam dan peci berwarna senada.

Di samping Idrus dan Moeldoko ada Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsdya Yuyu Sutisna, yang juga akan dilantik Jokowi menjadi KSAU. Dia menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto, yang kini menjabat Panglima TNI.

Baca juga:  Jokowi Apresiasi Airlangga Hartarto, Atas Capaian Golkar di Pileg 2019

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’. Kemudian, acara pelantikan dimulai dengan pembacaan Keppres pengangkatan Idrus sebagai Mensos, Moeldoko sebagai KSP, dan Agum Gumelar sebagai anggota Wantimpres. Jokowi lalu memandu pengambilan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar ’45 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya,” demikian penggalan sumpah jabatan tersebut.

Idrus menggantikan Khofifah Indar Parawansa sebagai Mensos. Khofifah akan maju sebagai calon gubernur di Pilgub Jawa Timur 2018. Sedangkan Moeldoko menggantikan Teten Masduki. Agum menggantikan almarhum Hasyim Muzadi.      (red/TI)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *