Wabup Torut; “Seluruh Jajaran Wajib Promosikan Produk Unggulan dan Destinasi Wisata Toraja Utara”

by -224 views

TORAJA, transparansiindonesia.com — Wakil Bupati (Wabup) Toraja Utara (Torut), Yosia Rinto Kadang terus mendorong jajarannya di lingkup Pemkab Toraja Utara untuk terus gencar memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk unggulan dari Toraja Utara seperti produk unggulan pertanian, kerajinan tangan UMKM, termasuk promosi destinasi pariwisata unggulan Toraja serta iven wisata tahunan yang biasa diselenggarakan setiap tahunnya di kabupaten Toraja Utara.

Salah satu tindaklanjut dari keinginan Wabup Yosia tersebut adalah melalui keikutsertaan pihak pemkab Toraja Utara baru-baru ini pada iven berskala nasional di Jakarta dalam “Pameran dan Publikasi Produk Unggulan Unit Pelaksana Teknis Daerah se-Indonesia tahun 2018” yang diprakarsai oleh Ditjen Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri dalam rangka memperingati hari Otonomi Daerah ke 22 tahun 2018. Kegiatan ini diselenggarakan di pelataran gedung Kemendagri sejak tanggal 19-20 April 2018.

Dalam iven nasional ini, Pemkab Toraja Utara turut terlibat mempromosikan beberapa produk-produk unggulan mereka seperti produk unggulan dari sektor pertanian, produk unggulan khas kerajinan tangan UMKM Toraja dan dari sektor pariwisata seperti memperkenalkan destinasi pariwisata unggulan Toraja serta mempromosikan iven wisata tahunan yang dilaksanakan setiap tahunnya di “Negeri Diatas Awan” ini (sebutan lain untuk kabupaten Toraja Utara, red).

Baca juga:  GSVL 'Pemkot Manado Segera Operasikan Pasar Kayubulan'

“Beberapa produk-produk unggulan dari kabupaten Toraja Utara yang dipamerkan dalam kegiatan ini adalah pameran hasil pertanian perkebunan seperti kopi arabica dan kopi robusta, buah terong tamarilla dan cabe katokkon. Kemudian produk-produk kerajinan tangan khas Toraja seperti kerajinan kain tenun, kalung, manik-manik khas Toraja, dan beberapa produk lokal UMKM lainnya. Juga dipamerkan video display yang bertema Destinasi Pariwisata Unggulan dan Iven-iven Wisata Tahunan di Toraja Utara,” ujarnya (23/4/2018).

Iven nasioanl ini sendiri dibuka oleh ketua Dharma Wanita Persatuan Kemendagri, Erni Guntarti Tjahyo Kumolo. Erni tampak mengunjungi booth Toraja Utara serta mendengarkan penjelasan tentang profil kabupaten Toraja Utara serta produk-produk unggulan mereka yang ditampilkan di booth Kabupaten Toraja Utara tersebut.

Baca juga:  Silaturahmi dan Ramah Tamah Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Way Kanan Dengan Jajaran Pemkab Way Kanan

Beberapa OPD Kabupaten Toraja Utara turut ambil bagian dalam kegiatan ini seperti Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan serta DiskominfoSP yang dipimpin oleh Asisten Bidang Adminstrasi Umum Sekretariat Daerah kabupaten Toraja Utara, Hetty Maria G. Dalopis.

Selain itu, beberapa pejabat di lingkup pemkab Toraja Utara juga tampak hadir berperan diantaranya yaitu Kepala Dinas Perinkop UMKM, Tolla Pongsinaran; Sekertaris Dinas Pertanian, Bertha; Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian, Owen Danda; Kabid Komunikasi Publik Diskominfo SP, Anugerah Rundupadang; Kepala Seksi Pengelolaan Media Komunikasi dan Opini Publik DiskominfoSP, Upa’.

Pada Pameran dan Publikasi Produk Unggulan UPTD tahun 2018 ini, sebanyak 97 jenis produk unggulan di 40 booth dari berbagai daerah (provinsi dan kabupaten/kota) se-Indonesia ikut dipamerkan.   (red/TI)*