Wakili Bupati CEP, Kadis Frans Tilaar Sosialisasikan Bantuan Pengembangan Komoditi Bawang Putih Kepada Para Kelompok Tani se-Kecamatan Modoinding

by -187 views

Minsel, transparansiindonesia.com – Menindak lanjuti pertemuan dan kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, dengan kementan RI dan para Investor, beberapa waktu lalu di Kantor Kementan RI, mengenai pengembangam Bawang Putih di Minahasa Selatan, Maka Pemkab Minsel Melalui Dinas Pertanian Kabupaten Minsel, melaksanakan Sosialisasi tentang program tersebut di Kecamatan Modoinding yang merupakan kawasan agroindustri pengembangan sayuran di Wilayah Sulawesi Utara bahkan Indonesia Timur.

Bertempat di Kantor kecamatan Modoinding, Rabu 6 Mei 2017, Pemkab Minsel melalui Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Selatan melaksanakan Sosialisasi pengembangan Produktivitas Bawang Putih, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Ir Frans Tilaar, Camat Modoinding Harits Lokas, bersama Seluruh HukumTua se-Kecamatan Modoinding, Camat Modoinding Harits Lokas, dan sekitar 120 Kelompok Tani yang diwakili oleh KSB Koptan se wilayah Modoinding.

Baca juga:  Tuela Resmi Nahkodai SD GMIM Bitung Amurang

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, dijabarkan sistem kemitraan antara perusahaan dan kelompok tani, dimana perusahaan akan menyiapkan bibit bawang putih sebanyak 1000 Kg, dan untuk per kilogramnya dihargai Rp 50.000, dengan ditambah biaya sebesar sebesar Rp.16.000.000 untuk para petani.

Dan untuk merespon bantuan tersebut, para petani wajib untuk mengolah lahan, memelihara, tanaman sampai panen, dengan produktivitas rata-rata 10 Ton/Ha, dengan harga jual minimal 25.000/Kg. Dimana jika pelaksanaan dilakukan pada awal Juli 2018, maka empat bulan kemudian diwaktu panen, para petani Modoinding akan mendapatkan atau menghasilkan pendapatan kotor 100 Milliar.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minsel Frans Tilaar mengatakan bahwa berkat yang diterima oleh Para petani Modoinding merupakan terobosan dan inisiatif dari Bupati Minsel DR. Christiany Eugenia Paruntu SE, yang selalu memikirkan kesejahteraan masyarakat Minsel, untuk kemajuan Kabupaten Minsel menuju Kabupaten yang Hebat dan Terdepan.

Baca juga:  Berdayakan Ketrampilan Perempuan, Desa Picuan Gelar Pelatihan Menjahit

Sementara itu Camat Harits Lokas menhimbau bahkan menekankan kepada para kelompok tani di Modoinding, untuk memanfaatkan bantuan ini demi kesejahteraan warga Modoinding, serta menunjang program Pemerintah Kabupaten.

“Ini merupakan bentuk kepedulian dari Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, yang cerdas, profesional dan inovatif dalam rangka mensejahtrakan petani Minsel.” kata Kadia Frans Tilaar.
Kegiatan ini sosialisasi ini, dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Minsel, Frans Tilaar, Kabid Augus Sumayow, jajaran staf pegawai Distan Minsel, Camat Modoinding Harits Lokas, Para HukumTua se-Kecamatan Modoinding, serta Para Kelompok Tani se-wilayah Modoinding.

(Hengly/TI)*