Eva Kaligis Irup Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekan RI ke-73 di Kecamatan Tompasobaru

by -192 views

Minsel, transparansiindonesia.com — Peringatan Upacara Bendera Memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 di Kecamatan Tompasobaru, berlangsung penuh khidmat.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Camat Tompasobaru Eva Kaligis SPd, dan sebagai Komandan Upacara yakni, Anggota Koramil 1302-18 Tompasobaru Serda Charles Pantow.


Dalam Upacara Bendera Pengibaran Sang Saka Merah Putih tersebut, Teks Proklamasi Dibacakan oleh Anggota Dewan Kabupaten Minahasa Selatan Steva Christine Waleleng SE, dan teks UUD 1945 dibacakan oleh SiensesungguhnyaEva Kaligis membacakan teks Pancasila, yang diikuti oleh seluruh peserta upacara yang hadir.

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang terdiri dari anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 01 Tompasobaru, melaksanakan tugasnya dengan sangat baik, untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

Dalam Amanatnya Eva Kaligis menyampaikan bahwa kegiatan ini Upacara Bendera seperti ini jangan hanya menjadi kegiatan seremonial dan rutinitas semata, tapi harus dimengerti dan dimaknai Upacara Bendera dengan pengibaran Bendera Merah Putih, serta akan semakin menumbuh-kembangkan semangat Nasionalisme untuk mempertahankan Semangat 4 Pilar.

Baca juga:  Turangan; "Bupati CEP Cerdas, Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Produk 'Tjap Tikus' Legal dan Berlabel"

“Mari kita maknai setiap upacara bendera dengan sesungguhnya, karena para pahlawan kita yang telah mendahului kita semua, telah mengorbankan waktu, tenaga bahkan mengorbankan Jiwa dan Raga untuk merebut kemerdekaan NKRI, kita saat ini yang tinggal mengisi kemerdekaan, harus lebih semangat dengan berbuat hal-hal yang positif, dan menjadi pelopor pembangunan didaerah dan di pusat.

Selesai Upacara Bendera Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, dilanjutkan dengan kegiata Gerak-jalan dan Pawai pembangunan, yang diikuti oleh seluruh sekolah di kecamatan Tompasobaru baik dari tingkat TK, SD, SMP sampai SMK, kegiatan pawai juga diikuti oleh TP-PPK Desa se-kecamatan Tompasobaru serta dari berbagai institusi lainnya.

Baca juga:  KPUD Minsel Usai Gelar Pleno, OD-SK dan FDW-PYR Raih Suara Terbanyak

Hadir dalam kegiatan Upacara Bendera kali ini, Unsur Forkopimca Tompasobaru, Anggota Dekab Minsel Steva Waleleng SE dan Stefanus Lumowa SE, Para HukumTua se-Kecamatan Tompasobaru yang didampingi oleh Istri maupun Suami HukumTua, Kepala-kepala UPT, para Veteran, tokoh Agama, tokoh masyarakat, para bakal calon anggota dewan Dapil III Minsel seperti Rommy Poli MH, Stedy Iroth, Eske Kontu SE, serta para tamu undangan lainnya dan peserta upacara.

Kegiatan Upacara ini berlangsung sukses dan lancar, yang didalamnya juga dimeriahkan oleh pertunjukan dari Pencak Silat Tompasobaru.

(Hengly/TI)*