Altin Sualang; “Pekan Ini Peresmian BPD di Minsel Rampung”

by -294 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Badan Permusyawaratan Desa (BPD), yang ada di 167 Desa di Kabupaten Minahasa Selatan, segera akan mendapat Surat Keputusan dari Bupati Minahasa Selatan, hal tersebut dikarenakan pekan ini, peresmian seluruh BPD akan rampung dipekan ini.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Altin Sualang SSTP.MPA, mewakili Kepala Dinas PMD Minsel Ever Poluakan Menyampaikan bahwa peresmian BPD untuk yang ada di desa-desa di Minsel, akan rampung dipekan ini, karena nantinya dijadwalkan di pekan ini BPD yang ada di tiga kecamatan yakni Tenga, Ranoyapo, Maesaan dan Modoinding, akan segera dilaksanakan peresmian BPD.

“Akhir pekan ini BPD yang ada di desa ditiga kecamatan yakni Tenga, Ranoyapo, Maesaan dan Modoinding, akan segera di adakan peresmian oleh Camat-camat setempat mewakili Bupati DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, karena SK BPD merupakan SK Bupati, dan sampai saat ini, tinggal desa-desa ditiga kecamatan tersebut yang belum diadakan peresmian,” jelas Kabid Altin Sualang, kepada Jurnalist transparansiindonesia.co.id ketika ditemui diruang kerjanya, pada Senin, (3/9).

Baca juga:  Wabup Wongkar Terima Dua Atlet Berprestasi Minsel

Ia pun menyampaikan agar nantinya setelah menerima SK Peresmian atau Setelah diresmikan, seluruh anggota BPD yang telah dipercayakan mengemban tugas didesa, agar dapat menjalankan tugas dengan baik, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi BPD, selalu berkoordinasi dengan Pemerintah desa dan lembaga desa lainnya, untuk menunjang program pembangunan yang ada di desa.

“Dalam menjalankan tugas dan tanggung-jawab yang diembankan, saya mengharapkan agar BPD dapat menjalankan tugasnya dengan baik, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi BPD, selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Desa dan lembaga desa lainnya, untuk menunjang program pembangunan yang ada di desa, terlebih mengenai bantuan-bantuan seperti Dana Desa, ADD, maupun bantuan-bantuan lainnya,” kata Altin Sualang yang baru saja dilantik sebagai Pejabat HukumTua Desa Poopo Barat.

Baca juga:  Begini Penjelasan Altin Sualang Tentang PP 11/2019 Mengenai Perangkat Desa

Altin mengucapkan terima kasih kepada Panitia Pemilihan BPD, yang telah dilantik oleh HukumTua-HukumTua setempat, yang telah melaksanakan proses pemilihan BPD sesuai dengan Petunjuk teknis yang berlaku, dan nantinya setelah seluruh BPD diresmikan, akan memasuki tahapan pemilihan Ketua BPD, dan seksi-seksinya, yang juga masih merupakan tanggung jawab dari Panitia Pemilihan BPD.

Dan bagi desa-desa yang akan melaksanakan Pilhut serentak, agar menunggu petunjuk atau tahapan dari Kabupaten, untuk petunjuk teknis pelaksanaan Pilhut Serentak.

“Untuk desa-desa yang akan melaksanakan Pilhut serentak, menunggu petunjuk teknis dari Kabupaten, untuk tahapan Pilhut, jangan dahulu melaksnakan pembentukan Panitia Pilhut,” tambah Sualang.

(Hengly)*