Kabupaten Labuhanbatu Terima Bantuan Konversi BBM ke BBG

SUMUT7 Dilihat

Labuhanbatu (Sumut), transparansiindonesia.co.id –Kementerian ESDM, tahun 2017 telah memberikan 168 paket konventer kit, dan tahun 2018 sebanyak 310 paket dan bantuan seperti ini sudah disalurkan, sedangkan bagi nelayan yang belum menerima bantuan akan mendapat bantuan di tahun depan.

Hal itu dikatakan Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT saat Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) membagikan 310 paket Konverter Kit diKantor Kepala Desa Tanjung Haloban Kacamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu, Jum’at (21/9/2018).

“Ini salah satu upaya pemerintah mensejahterahkan nelayan, semoga tahun depan bantuan yang kita peroleh semakin bertambah, kita sudah punya tempat untuk menampung bahan bakar, tinggal menunggi langkah selanjutnya dari pemerintah pusat,” ujar Andi Suhaimi.

Dijelaskannya, kegiatan ini bertujuan untuk mensejahterkan masyarakat, khususnya para nelayan di wilayah pantai Kabupaten Labuhanbatu, semoga apa yang sudah di berikan dapat dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Baca juga:  Kadishub Labuhanbatu Sidak ke Empat Pelabuhan

Di sisi lain, Ketua Komisi VII DPR RI H. Gus Irawan Pasaribu AK. MM. CA yang hadir diacara itu berharap agar Kementrian ESDM dapat meningkatkan jumlah bantuan paket konverter kit ditahun yang akan datang, sehingga seluruh nelayan di Kabupaten Labuhanbatu dapat beralih ke bahan bakar gas sehingga produktifitas para nelayan meningkat.

“Saya berharap agar Kementrian ESDM dapat meningkatkan jumlah bantuan di tahun yang akan datang, karena masih banyak nelayan yang menggunakan bahan bakar bensin, solar, bahkan masih ada yang mendayung untuk melaut, dengan menggunakan bahan bakar gas akan lebih efisien dan ramah lingkungan sehingga pendapatanya juga akan meningkat,” ungkap Gus Irawan.

Lebih lanjut Gus Irawan menginformasikan, bahwa di tahun 2019 anggaran untuk subsidi gas meningkat, sehingga akan memberikan banyak manfaat bagi para nelayan yang menggunakan bahan bakar gas, Pemerintah juga akan menggratiskan pemasangan listrik daya 450 VA kepada masyarakat.

Baca juga:  Wow... Pria Ini Hidup Terpasung Selama 8 Tahun

Sedangkan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu Ir. Jumingan menjelaskan Labuhanbatu merupakan salah satu kabupaten dari 55 Kabupaten yang memperoleh alokasi paket bantuan konversi BBM ke BBG pada tahun 2018.

Adapun syarat nelayan penerima bantuan yanh ditetapkan Kementrian ESDM adalah nelayan yang memiliki kapal dibawah 5 GT(Gross Tone), memiliki mesin dibawah 13 PK, memakai bahan bakar bensin serta belum pernah menerima bantuan sejenis, penerima bantuan tersebar di 3 Kecamatan yaitu, Kecamatan Bilah Hilir, Kecamatan Panai Hulu, dan Kecamatan Panai Tengah.

Untuk mengambil berkah dalam acara penyerahan bantuan tersebut kegiatan juga dirangkai dengan pemberian santunan kepada anak yatim/yatim piatu sebanyak 20 orang, kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan dengan melakukan peninjauan dan tes atau uji coba mesin hasil bantuan konversi BBM ke BBG di perairan Desa Tanjung Haloban.

(AM)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *