Begini Himbauan Kapolres Minsel, Terkait Erupsi Gunung Soputan

Minsel12 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, menyerukan agar masyarakat tidak beraktifitas di kawasan Gunung Soputan. Hal tersebut disampaikan Kapolres menyusul meningkatnya status Gunung Api Soputan ke level III Siaga.

“Masyarakat diimbau untuk tidak beraktivitas di kawasan Gunung Api Soputan dalam radius 4 Km, mengingat statusnya telah meningkat ke level tiga siaga dengan aktifitas hingga siang ini tercatat telah tiga kali erupsi,” ucap Kapolres saat memimpin apel siaga, Selasa (03/10/2018).

Selain itu, warga juga dianjurkan untuk menggunakan penutup hidung dan mulut seperti masker, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan. “Gunakan masker untuk antisipasi gangguan pernapasan akibat debu erupsi Gunung Soputan,” tambah Kapolres.

Baca juga:  Bahas Penerapan PPKM Berskala Mikro, Kecamatan Tenga Gelar Rakor

Sebagaimana diketahui Gunung Api Soputan kembali erupsi dengan ketinggian kolom abu teramati 2.500 m di atas puncak atau kurang lebih 4.309 m di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal, condong kea rah barat dan barat laut.

Aktifitas erupsi Gunung Api Soputan ini terekam di Seismogram dengan amplitude maksimum 38 mm dan durasi kurang lebih 5 menit 44 detik.

“Kita sudah memberangkatkan personil gabungan ke lokasi Gunung Soputan untuk melakukan kegiatan pengamanan dan proses evakuasi di area pemukiman warga. Diimbau masyarakat untuk tenang namun tetap waspada; khusus untuk yang berdomisili di dekat kawasan Gunung Soputan agar segera mengikuti arahan personil kami untuk dilakukan proses evakuasi ke lokasi yang lebih aman,” tambah Kapolres.

Baca juga:  Bupati Tetty Menerima Kunker Kepala Wilayah BPJS Kesehatan

(Hengly)*

 

sumber/humas polres minsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *