Bahas Kondisi Ekonomi, Jokowi Kumpulkan Para Bupati di Istana

Nasional61 Dilihat

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi)bertemu dengan para bupati berbagai wilayah di Istana Merdeka, Jakarta. Jokowi menyinggung soal kondisi ekonomi dalam pertemuan itu.

Pertemuan berlangsung di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (12/11/2018). Ada sekitar 27 bupati yang hadir.

“Ada yang dari Sangihe, ada yang dari Papua, dari Aceh, Aceh Timur, Donggala juga,” kata Jokowi membuka pertemuan.

Jokowi mengaku ingin menyampaikan beberapa informasi mengenai kondisi ekonomi. Saat ini, kondisi ekonomi dunia pada posisi yang sulit dan tidak menguntungkan Indonesia.

Baca juga:  Putra Nababan: SKB 3 Menteri Teguhkan Komitmen Toleransi

“Kita tahu ada masalah-masalah ekonomi di Turki, Argentina, Brazil, Venezuela yang krisis sampai inflasinya ratusan persen. Kemudian perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat yang sampai saat ini pun juga belum ada tanda-tanda mereda,” katanya.

Dia mengatakan kondisi seperti itu harus diwaspadai. Para kepala daerah diminta untuk berhati-hati karena gejolak ekonomi di sebuah negara bisa berdampak ke negara lain.

“Dan juga kebijakan ekonomi, ekonomi besar terutama Amerika-Tiongkok juga sama bisa mempengaruhi kita,” katanya.

Tetapi, lanjut Jokowi, kinerja ekonomi Indonesia dalam situasi sulit tersebut patut disyukuri. “Alhamdulillah patut kita syukuri bahwa kinerja ekonomi kita dalam situasi yang sangat-sangat sulit seperti ini saya kira informasi terakhir dari BPS kita tahu pertumbuhan ekonomi kita stabil dan menaik di triwulan ketiga, yaitu pada angka 5.17%,” katanya.

Baca juga:  WAKIL WALI KOTA TRI ADHIANTO PIMPIN APEL SIAGA TANGGAP BENCANA

Selanjutnya, pertemuan antara Jokowi dengan para bupati itu berlangsung secara tertutup. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mendampingi Jokowi dalam pertemuan itu.

(red)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *