Ribuan UNS Gelar Deklarasi Dukung Jokowi-Ma-ruf

by -280 views

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – Ribuan relawan Alumni Universitas Sebelas Maret (UNS) yang tergabung dalam Josmart menggelar deklarasi pemantapan dengan memberikan dukungan kepada Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Kegiatan tersebut digelar pada hari ini di Graha Wisata Solo, Jawa Tengah.

Berdasarkan pantauan di lokasi acara, Sabtu (26/1/2019), selain dihadiri para alumni UNS, deklarasi ini diikuti para alumni dari Universitas Indonesia, Trisakti, Universitas Gadjah Mada, serta kampus-kampus yang ada di Kota Solo.

Terpilihnya Solo sebagai tempat deklarasi awal Alumni UNS dukung pasangan #01 ini banyak terkait dengan nilai historis. Seperti diketahui, Solo adalah kota asal Presiden Jokowi dan lokasi di mana Kampus UNS berada.

“Kami terpanggil untuk menggalang kemenangan pasangan 01 di Solo Raya dengan target di atas 80 persen,” ungkap Ketua Relawan JoSmart Solo Raya Harry Prasetyo kepada Okezone.

Bukan hanya alumni UNS yang akan hadir, lanjut Harry, ada juga sekira 600 alumnus dari 17 perguruan tinggi yang bakal turut serta. Beberapa di antaranya juga para lulusan dari universitas di luar Pulau Jawa.

“Meski ini sebagian besar alumni UNS, gerakan relawan tersebut tidak ada hubungannya dengan Universitas Sebelas Maret. Ini adalah murni alumni, di mana kami tidak gunakan simbol, jaket, lambang yang ada unsur dengan UNS,” katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan wadah alumni yang satu misi mendukung Jokowi. Nantinya, lanjut Harry, disambung lagi deklarasi para alumnus kampus-kampus di kota lain.

“Tagline kami: ‘Alumni Dukung 01’,” ucap Harry.

Selain deklarasi dukungan, digelar juga acara pembekalan untuk ribuan alumni UNS dari seluruh Indonesia dengan menghadirkan beberapa tokoh sebagai narasumber.

“Ada tiga narasumber yang hadir memberikan pembekalan, di antaranya Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, Akbar Tanjung, dan Ustadz Yusuf Mansur,” lanjut dia.

Baca juga:  M Ihsan Harahap : KOMINFO Tidak Ada Organisasi Maupun Wartawan Yang Diistimewakan

Dalam acara tersebut, Moeldoko dijadwalkan memberikan pembekalan terkait wawasan kebangsaan. Sementara Akbar Tanjung yang pernah menjabat sebagai ketua umum Partai Golkar dihadirkan sebagai sosok penting dari partai pendukung terbesar kedua Jokowi-Ma’ruf.

Termasuk, menghadirkan Ustadz Yusuf Mansur untuk memberikan pencerahan rohani. Bahkan, ibunda Presiden Jokowi yakni Sudjiatmi Notomiharjo juga turut hadir, meski belum tampak di kursi yang sudah disediakan.

Sementara Sekretaris Jenderal DPP JoSmart Eko Nugroho menyebut saat ini jumlah relawan JoSmart yang tersebar di seluruh Indonesia mencapai lebih dari 50.000 orang. Bisa dilihat dari jumlah follower JoSmart di media sosial.

“Kita miliki sejumlah akun media sosial Facebook JoSmart, JoSmart.co.id, Instagram, dan Twitter dengan jumlah pengikut 100.000 follower dari target 2 juta follower,” ujarnya.

 

(red)*