Terkait Peristiwa Teroris di Selandia Baru, Ini Beberapa Hal yang Disampaikan PGI

Nasional5 Dilihat

Jakarta, transparansiindonesia.co.id — Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) mengungkapkan duka yang sangat mendalam atas tragedi Penembakan yang terjadi di dua Masjid di New Zealand, tragedi yang ikut mengundang perhatian dunia.

Aksi teroris tersebut, menelan 40 korban jiwa, termasuk beberapa warga Indonesia.

Peristiwa penembakan yang dilakukan oleh teroris di Masjid Christchurch dan Masjid di pinggiran Lindwood, New Zealand (Selandia Baru), oleh PGI merupakan aksi brutal yang sangat mengusik rasa kemanusiaan dan sangat bertentangan dengan prinsip Hak Asasi Manusia yang selama ini di junjung tinggi.

Dan atas Peristiwa tersebut, berikut beberapa hal yang disampaikan oleh PGI;

1. PGI menyampaikan rasa keprihatinan dan ungkapan duka yang sangat mendalam kepada seluruh Keluarga Korban. Kiranya Tuhan menguatkan seluruh keluarga dalam menghadapi peristiwa menyedihkan ini.

Baca juga:  Jokowi Perintahkan Panglima TNI dan Kapolri Selidiki Kasus Penembakan 31 Pekerja di Papua

2. PGI mengecam keras segala tindak kekerasan, apalagi penghilangan nyawa, yang sangat berharga di mata Tuhan, olehnya PGI menolak segala bentuk peradaban yang mengedepankan kebencian atas dasar apapun, baik Agama, Suku, Asal-usul dan sebagainya.

3. Bumi ini, dibagian negara manapun, adalah anugerah Tuhan yang seharusnya bisa didiami bersama untuk menata kehidupan yang lebih baik. Dan untuk itu dibutuhkan kehadiran negara untuk menjamin kemanan dan keberlangsungan hidup semua penduduk, Pribumi maupun Pendatang. Dalam kaitan ini, PGI berharap Pemerintah Selandia Baru, dapat segera memulihkan keadaan dan mengusut tuntas kasus ini.

4. PGI berharap agar masyarakat Indonesia dimanapun berada, tetap tenang menyikapi peristiwa tersebut, dan tidak terpancing dengan video dan foto yang menciptakan teror. Sekaligus menghimbau untuk tidak menyebarkannya dengan sengaja, karena hal ini yang diinginkan oleh teroris tersebut dengan mendokumentasikannya agar masyarakat luas menontonnya dan menjadi khawatir.

Baca juga:  Kopassus Peduli, Galang Bantuan untuk Disalurkan ke Para Korban Gempa Lombok

5. PGI meminta agar Pemerintah Indonesia, dalam kapasitas dan jalur yang tersedia, melakukan langkah-langkah bilateral yang diperlukan, sebagaimana amanat UUD 1945, yakni ikut serta dalam menciptakan perdamaian dan ketertiban dunia.

Itulah beberapa hal yang disampaikan oleh PGI untuk menyikapi peristiwa teroris di Selandia Baru, dengan harapan masyarakat tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, dan tidak termakan isu-isu yang berpotensi terjadinya perpecahan ditengah-tengah masyarakat.

(red)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *