Hari Ini, Purwakarta Selenggarakan OSN Jenjang SD- SMP

by -479 views

Purwakarta, transparansiindonesia.co.id – Sejumlah pelajar dari SD Dan SMP se Kabupaten Purwakarta negeri maupun swasta mengikuti olimpiade sains nasional (OSN) tahun 2019, Sabtu (16/3/2019), yang bertempat di SMPN 1 Purwakarta. Dengan Mengangkat tema; “Mengembangkan kemampuan “4K” (Kritis, kreatif, kolaboaratif dan komunikatif) Siswa melalui sains.

Didampingi guru pembimbing serta kepala sekolah, para peserta yang telah diseleksi pada tingkat kecamatan tersebut tampak terlihat riang meskipun ada beberapa yang seperti agak ketakutan.

Ada tiga jenis mata pelajaran yang lombakan untuk tingkat SMP, yakni IPA, IPS dan Matematika. Sedangkan untuk SD ada dua mata pelajaran, yakni IPA dan matematika.

Dalam laporan yang disampaikan, ketua panitia OSN, Sadiyah, menyampaikan beberapa hal, diantaranya jumlah peserta yang mengikuti jalannya OSN.

“Terdapat 226 peserta untuk tingkat SMP, dengan rincian 78 untuk mata pelajaran IPA, 75 untuk matematika dan 73 untuk IPS”, terang Sadiyah.

Baca juga:  Santri Ponpes Miftahul Mu'arrif Ke Tanah Rencong, Dalami Kitab Kuning

Sedangkan untuk tingkat SD, Sadiyah menyampaikan jika terdapat 102 peserta.

“Untuk SD terdapat 102 peserta. Dan jika dipresentasikan dari total seluruh sekolah yang ada, pendaftar sampai pagi ini masuk ada 70 persen untuk SMP, sedangkan SD 100 persen”, jelasnya.

Ditambahkan pula olehnya, jika tidak menutup kemungkinan peserta akan terus bertambah.

“Dari laporan panitia bagian registrasi, ternyata masih ada yang mendaftar, dengan itu artinya peserta masih terus bertambah, dengan batas waktu”, ungkapnya.

Ditegaskan juga oleh Sadiyah, terkait lembar soal dan jawaban semua dikirim oleh kemnedikbud untuk jenjang SMP dan untuk SD soal dikirim dari dinas provinsi.

Baca juga:  Bahas Agenda, WCI Purwakarta KOPDAR Dua Kali Dalam Sebulan

“Jadi, Soal semua berstandar kementerian pendidikan nasional, dijamin tidak ada kebocoran dalam isi soal”, tandasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut kepala dinas pendidikan kabupaten Purwakarta, H. Purwanto yang bertindak sebagai pembuka jalannya kegiatan.

“OSN sebagai bagian bentuk evaluasi kegiatan belajar mengajar, kalian yang saat ini dikirim kesini adalah siswa-siswi terbaik yang telah lolos seleksi, dan kalian semua adalah juara”, puji Purwanto kepada peserta.

Untuk menyemangati para peserta, kadis Purwanto mengajak semua peserta untuk mengerahkan kemampuan terbaiknya.

“Anak- anakku semua, tunjukkan prestasi terbaik kalian, buat nama sekolah, pendidikan kita menjadi harum dengan prestasi, karena kalian adalah harapan masa depan penerus bangsa”, pungkas Purwanto yang kemudian dengan mengucap ‘Bismillahirrohmaniroohiim’, sebagai tanda resmi dibukanya kegiatan.(MDI)