Kampung KB Desa Tangkunei Jadi Percontohan di Sulawesi Utara

by -552 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Kampung KB Tangkunei, Kecamatan Tumpaan, menjadi percontohan bagi kampung KB yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, keberhasilan dari Kampung KB Desa Tangkunei, tak lepas dari peran serta dan peran penting dari semua stakeholder Pimpinan dalam hal ini Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu SE yang terus mensupport akan pembentukan Kampung KB di Minahasa Selatan, dimana di Kabupaten Minahasa Selatan sudah ada sekitar 29 Kampung KB yang diresmikan.

Selain itu Peran penting dari penyuluh KKBPK, Kader PPKBD dan Sub, serta Mitra kerja, mampu membuat Kampung KB Desa Tangkunei menjadi Kampung KB Percontohan di Sulawesi Utara.

Baca juga:  Dengan Tema 'Bersahabat dengan Alam', Ratusan Warga Modoinding Ikuti Funbike

Untuk diketahui Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat desa dengan kriteria-kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga, dengan sektor terkait dalam upaya peningkatan kualitas hidup keluarga dan masyarakat.

Salah satu manfaat dari Kampung KB yakni pemberantasan kemiskinan dengan meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan peningkatan kualitas hidup keluarga.

Keberhasilan Kampung KB terletak dari peran serta dan inovasi dari para penyuluh KKBPK, kader, serta mitra kerja yang ada para Hukum Tua dan perangkat desa, dengan melakukan 10 langkah PLKB maka program-program yang ada akan benar-benar masuk, dan dampaknya akan sangat dirasakan oleh masyarakat.

Baca juga:  Disambut Ribuan Massa, MEP Lantik Millenial Guardians Tompasobaru dan Maesaan

Penyuluhan dari para penyuluh KB, serta didukung oleh peran serta dari Jajaran Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan lembaga-lembaga Desa, juga sangat penting, seperti apa yang dilakukan di Kampung KB Desa Tangkunei.

Dan atas keberhasilan dari Kampung KB Desa Tangkunei menjadi Kampung KB percontohan di Sulawesi Utara, mampu membawa salah satu penyuluh KB di Kecamatan Tumpaan, yakni Olvia Lora Lolowang, mengikuti Temu Kerja Tenaga Lini Lapangan, yang digelar oleh BKKBN, yang dilaksanakan di Bali, dari 19-22 Maret 2019.

(Hengly)*