Sambangi Minsel, KemenPAN-RB Gelar Bimtek Penyusunan Pelayanan Publik dan Survei Kepuasan Masyarakat

by -426 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Kementerian Pendaya-gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB RI) memberikan bimbingan teknis kepada 10 Perangkat Daerah yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan.

Kegiatan yang digelar di Sutanraja Hotel Amurang, pada Rabu, 20 Maret 2019, tersebut adalah Bimtek Penyusunan Standar Pelayanan, Survei Kepuasan Masyarakat, dan Forum Konsultasi Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan.

Kegiatan Bimtek tersebut dibuka langsung oleh Assisen III Setdakab Minsel Efer Poluakan mewakili Bupati DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, dimana dalam sambutan Bupati mengatakan sangat bersyukur karena KemenPAN-RB boleh hadir di Kabupaten Minahasa Selatan untuk melakukan Bimtek Penyusunan Standar Pelayanan, dan Survei Kepuasan Masyarakat, serta konsultasi publik dilingkup Pemkab Minsel, dan Bupati pun memberikan apresiasi yang tinggi kepada KemenPAN-RB boleh melaksanakan Bimtek di Kabupaten Minsel, dan ini menjadi suntikan motivasi bagi Pemkab Minsel, dimana Minsel merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota di Sulut, yang dipilih oleh KemenPAN-RB untuk dilakukan Bimtek.

Baca juga:  Tetty Paruntu; "Pemkab Minsel Support Keikut-sertaan Empat Generasi Muda Minsel di Ajang Pemilihan Nyong-Noni Sulut 2018"

“Standar pelayanan adalah tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur, karenanya standar pelayanan dari sebuah unit pelayanan publik harus memperhatikan prinsip sederhana, konsistensi, partisipatif, akuntabel, berkesinambungan, transparansi dan keadilan, selain itu standar pelayanan publik yang telah disusun dan ditetapkan harus dipublikasikan kepada masyarakat,” kata Bupati CEP dalam sambutannya yang dibacakan oleh Assiten III Efer Poluakan.

Dalam sambutannya pula, Bupati Tetty Paruntu menyampaikan bahwa untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan atau dampak yang dihasilkan dari stnadar pelayanan publik tersebut perlu dilaksanakan survei kepuasan kepada masyarakat, dan juga dilaksanakan forum konsultasi publik.

Survei Kepuasan Publik dimaksudkan untuk mengetahui informasi pengguna layanan yang terdiri dari profil pengguna layanan, persepsi pengguna layanan, dan keluhan serta saran perbaikan dan aspirasi pengguna layanan, sedangkan forum konsultasi publik dapat digunakan untuk menyerap aspirasi masyarakat atau stakeholder terkait sekaligus rujukan bagi penilaian akuntabilitas dan Outcome unit penyelenggara.

Baca juga:  Lakalantas di Trans Sulawesi Kecamatan Tenga, Okta Tewas di TKP

“Saya berpesan agar peserta Bimtek dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Bimtek dengan baik dan sungguh-sungguh, agar segera dapat diterapkan di Instansi kerja masing-masing sesuai aturan yang berlaku,” tambah Bupati dalam sambutannya.

Hadir dalam kegiatan Bimtek tersebut dari KemenPAN-RB yakni Abdulah Manshur, Kabag Adminstrasi Pusat dan Kajiqn Kebijakan dari Instansi LAN, Aldino Niki Mencher, Analisis Kebijakan Ahli Pratama, dari Instansi LAN, dan Yenni Alfriani Sitohang dari KemenPAN-RB, sementara itu Bimtek tersebut diikuti oleh 10 Perangkat daerah di lingkup Pemkab Minsel, dianataranya Dinas Kesehatan, Disdukcapil, DPMTSP, Dinas Sosial, Dinas Perdagangan, Disnakertrans, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perhubungan, Dikpora, dan Dinas Pariwisata.

(Hengly)*