Steva Waleleng Ajak Masyarakat Desa Lowian Lestarikan Kearifan Lokal

by -349 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Selatan, yang juga sebagai Calon Anggota Dekab Minsel dari Partai Golkar Dapil III Minsel, Nomor Urut 2, Steva Christine Waleleng SE (SCW), mengajak kepada warga masyarakat Desa Lowian Raya (Lowian dan Lowian Satu), untuk membangkitkan kembali suatu tradisi masyarakat Lowian, yang dulu sangat kental, apabila ada acara-acara suka maupun duka.

Tradisi tersebut yakni Makan dari Daun dan Minum dari Bulu, tradisi yang dahulunya dilakukan oleh Tou Lowian (Orang Lowian -red), apabila menggelar acara ramah-tamah, baik itu dikegiatan suka maupun duka.

“Ayo.. Masyarakat Desa Lowian dan Lowian Satu, kita bangkitkan kembali suatu tradisi masyarakat Desa Lowian, yakni Makan dari Daong dan Minum dari Bulu, karena tradisi tersebut, merupakan tradisi yang sangat baik, suatu kearifan lokal masyarakat Desa Lowian, yang harus perlu kita lestarikan,” ajak Steva Waleleng.

Baca juga:  Bupati Tetty Paruntu Hadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Negara Tahun 2018

Hal tersebut disampaikan Steva Waleleng, sebagai juga bentuk upaya mendukung dan Support Himbauan Bupati Minahasa Selatan, DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, untuk terus mensosialiasikan penggunaan sekali pakai, dalam setiap kegiatan acara.

“Sebagaimana himbauan-himbauan dan sosialisasi yang terus disampaikan oleh Ibu Bupati DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, dalam setiap sambutannya, yakni untuk mengurangi penggunaan bahan sekali pakai, yang hanya akan menambah volume sampah plastik dan kertas, jadi sebagai Warga Lowian saya mengajak kita semua, untuk mengurangi penggunaan bahan sekali pakai,” kata Steva Waleleng, Caleg Dekab Minsel Nomor Urut Dua Partai Golkar, Dapil III Minsel.

Baca juga:  Jabat Kapus Maesaan dan Kabag Ortal, Silvana dan Juan Ucapkan Terima Kasih Ke FDW-PYR

Ia juga menyampaikan memang sangat susah untuk merubah kebiasaan, namun dengan tekad dan kerja-keras dan kerja-sama dari semua pihak, ia yakin suatu tekad akan sangat berhasil, sebab, menurutnya, tak ada hasil yang akan mengkhianati usaha.

“Ayoo Kita bisa, Lowian Raya bisa.. Bisa menuju ke arah yang lebih baik, kendalikan sampah plastik dengan, tidak menggunakan bahan sekali pakai,” tambah Srikandi Beringin Minsel tersebut.

(Hengly)*