Irup HUT RI ke-74 di Kecamatan Tenga, Selvi Mandey; “Kita Tingkatkan SDM untuk Percepatan Pembangunan”

Minsel60 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Kepala Kecamatan Tenga (Camat Tenga) Selvi Mandey SPd.MPd bertindak selaku Inspektur Upacara dalam Upacara Bendera peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kecamatan Tenga, yang dilaksanakan di Lapangan Olahraga ‘Tumotowa’ Desa Tawaang Barat.
Aipda Herry Torar yang adalah Kanit Sabhara Polsek Tenga, bertindak selaku Komandan Upacara.

Tim Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) kecamatan Tenga yang teridiri dari Anak-anak SMA dan SMK di Kecamatan Tenga, sukses menjalankan tugasnya mengibarkan bendera Merah Putih di tiang berdiri tegak di Lapangan Tumotowa, dimana Siswi Octaviany Igir ditugaskan menjadi pembawa baki.

Dalam rangkaian Kegiatan Upacara Bendera tersebut di bacakan Naskah Teks Proklamasi, Pancasila, dan Pembacaan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, serta juga Doa Syukur.


Ada hal yang sangat menarik dalam kegiatan Upacara Bendera di Kecamatan Tenga dan mengundang perhatian dari warga masyarakat, dimana suasana panggung yang ditenpati oleh Inspektur Upacara didesain oleh Panitia dengan nuansa ‘Kobong’ (kebun), yang menampilkan hasil-hasil pertanian dan perkebunan dari warga masyarakat Kecamatan Tenga.

Baca juga:  Bertekad Sejahterakan Warga, Begini Visi-Misi Dan Program Kerja Cakum Frengky Langi

Sesuai dengan Tema HUT RI ke-74 ‘SDM Unggul, Indonesia Maju’, Camat Selvi Mandey mengatakan semangat dihari Kemerdekaan ini untuk kita semakin meningkatkan kualiatas Sumber Daya Manusia, guna percepatan pembangunan diberbagai sektor.

“Sesuai dengan Tema Peringatan HUT RI ke-74 tahun 2019 ini, yakni SDM Unggul, Indonesia Maju, saya mengajak kitabsemua untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia terlebih di Kecamatan Tenga, guna percepatan pembangunan diberbagai sektor,” kata Selvi Mandey.

Camat Selvi Mandey kepada awak media transparansiindonesia.co.id mengatakan bahwa dalam rangkaian kegiatan Upacara Bendera memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Kecamatan Tenga, juga langsung di adakan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74.

“Dalam rangakaian kegiatan Upacara Bendera tadi, telah dilaksanakan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba, termasuk didalamnya pemenang lomba Sepak Bola Antar Desa, yang memang sangat diminati oleh Warga masyarakat Kecamatan Tenga,” kata Selvi Mandey.

Dikatakannya pula bahwa lomba Sepak Bola antar Desa se-Kecamatan Tenga sempat vacum selama 15 tahun, dan baru ditahun 2019 ini digelar kejuaraan sepakbola antar desa dan dari 18 Desa yang ada di Kecamatan Tenga ssmuanya ikut ambil bagian, dan nantinya kejuaraan sepakbola antar desa direncanakan akan menjadi ivent tahunan menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga:  30 KPM Desa Raraatean Terima BLT-DD Triwulan Kedua Tahun 2024

Yang juga menarik perhatian, dalam Upacara tersebut terlihat beberapa warga negara asing (WNA) ikut ambil bagian mengikuti Upacara Bendera.

Tarian Kabasaran dan aksi Ddrumband dari berbagai sekolah di Kecamatan Tenga, ikut memeriahkan Pawai Pembangunan yang juga diikuti oleh Sekolah-sekolah, PKK, Perangkat Desa, dan instansi lainnya.

Hadir dalam Upacara Bendera tersebut, unsur Forkopimca Maesaan, Kapolsek Tenga, Danramil, Anggota Dekab Minsel, para HukumTua se-Kecamatan Tenga, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh pemuda, ormas, LSM, perwakilan Parpol, Finalis Toar-Lumimuut utusan Kecamatan Tenga, warga masyarakat Tenga serta tamu undangan lainnya.

Dikatakannya pula bahwa pada sore hari, nantinya juga akan dilaksanakan Upacara Penurunan Bendera, dan yang akan bertindak selaku inspektur upacara adalah Kapolsek Tenga.

(Hengly)*