Massa Gelar Aksi Tutup Mulut Di Bogor,Menolak Pemindahan Ibukota

by -259 views


Bogor – TransparansiIndonesia.co.id- Puluhan masa yang tergabung dalam Jaringan Alumni Antar SMA se-Bogor Raya (Jasma Bogor Raya) melakukan aksi tutup mulut di Tugu Kujang, Kota Bogor, Jumat (6/9/2019).

Koordinator Jasma Bogor Raya, Rido Manopo mengatakan aksi tutup mulut ini dilakukan untuk menyampaikan aspirasi bahwa pihaknya menolak pemindahan ibu kota Jakarta dan mendorong terciptanya kondusifitas di Papua.

“Hari ini masyarakat Kota Bogor dan berbagai elemen kami berkumpul di sini dengan inisiator Jasma Bogor Raya mengadakan aksi damai tutup mulut untuk menyampaikan apa yang menjadi aspirasi masyarakat ada dua fokus yaitu soal papua dan penolakan pemindahan ibu kota,” ujar Rido.

Dia mengatakan pihaknya menolak pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan karena Jakarta dinilai memiliki sejarah panjang sebagai ibu kota dan Jakarta juga berada pada lokasi yang strategis serta mempunyai sejarah panjang sejak jaman Belanda Portugis, Jepang, Jakarta juga adalah satu kota di mana tempat proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan.

Jakarta secara geografis adalah daerah yang strategis jika dilihat secara keamanan, ekonomi, dan politik,” jelas Rido.

Kemudian mengenai persoalan Papua, Rido menyampaikan bahwa pihaknya mendorong pemerintah untuk menjaga kondusifitas dan kedamaian di Papua. Sebagai saudara sebangsa dan setanah air pihaknya sangat prihatin dengan kondisi di Papua. (Bambang Darmawan)