Walikota GSVL Tuntun Para Peserta Pelatihan RKAS dan Bimtek Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan

by -251 views

Manado, transparansiindonesia.co.idBertempat di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Manado menggelar kegiatan pelatihan dan ujicoba aplikasi penyusunan Rencana dan Anggaran Sekolah (RKAS) dan bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) tahun 2019, Selasa (10/9/2019).

Dalam kesempatan itu Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) meminta agar supaya melalui pelatihan ini sekolah sekolah yang ada di Kota Manado bisa memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) pendidikan, untuk selanjutnya diintegrasikan dengan dokumen perencanaan Pemerintah Kota Manado, baik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Kerja (Renstra) Perangkat Daerah, hingga Renja Perangkat Daerah.

“Jelas amanat Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal bahwa pemenuhan pelayanan dasar perlu ditetapkan dalam dokumen perencanaan dan pengangaran pembangunan daerah sebagai prioritas belanja daerah,” ujar Walikota GSVL.

Ditambahkan, “Jangan pernah sungkan untuk belajar demi peningkatan mutu pendidikan. Kita belajar dari tempat lain yang maju untuk dibawa ke Manado demi meningkatkan mutu pendidikan. Sekarang perlu untuk melakukan inovasi terus menerus demi menjawab tantangan kedepan, apalagi Kota Manado masuk dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik dengan Aplikasi PANADA. Contohnya cerdas command center, kita belajar dari Jakarta dan Surabaya serta daerah lainnya, dari proses belajar ini cerdas command center lewat aplikasi 112 kita meraih juara dunia tahun 2018 lalu di Praha,” ungkap Walikota GSVL. 

Petunjuk Teknis BOS Tahun 2019

Bantuan Operasional Sekolah Reguler 2019 dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Permendikbud 3 tahun 2019 ditandatangani oleh Mendikbud Muhadjir Effendy pada tanggal 22 Januari 2019 dan diundangakan oleh Ditjen Peraturan Perundang-Undangan Kemenkumham pada tanggal 25 Januari 2019.

Pertimbangan Juknis BOS Tahun 2019

Petunjuk Teknis BOS 2019 adalah untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional, perlu mendorong pemerintah daerah dalam menyelenggarakan pendidikan bagi masyarakat melalui pengalokasian dana bantuan operasional sekolah reguler; agar pengalokasian dana bantuan operasional sekolah reguler sebagaimana dimaksud dalam huruf a sesuai dengan tujuan dan tepat sasaran, perlu menyusun petunjuk teknis; Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah masih terdapat kekurangan dan tidak sesuai lagi dengan kebutuhan hukum masyarakat, sehingga perlu diganti.

Abstraksi Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019

Latar Belakang:
1. Untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional, perlu mendorong pemerintah daerah dalam menyelenggarakan pendidikan bagi masyarakat melalui pengalokasian dana bantuan operasional sekolah reguler.
2. Agar pengalokasian dana bantuan operasional sekolah reguler sesuai dengan tujuan dan tepat sasaran, perlu menyusun petunjuk teknis.
3. Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan hukum masyarakat.

Status:
Peraturan Menteri ini mengganti/mencabut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 136).

Peserta kegiatan para kepala sekolah SD dan SMP, operator sekolah se-Kota Manado, mendampingi Walikota GSVL, yakni Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado Drs Daglan Walangitan MPd, dan dihadiri pula sejumlah pejabat Pemkot Manado.

(red ti)

 

Baca juga:  AMTI Apresiasi Polda Sulut Atas Ditahannya FS dalam Kasus Solar Cell