Bermanfaat dan Tepat Sasaran, Pengelolaan Dandes 2019 Desa Picuan

by -324 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Program Dana Desa yang dicetuskan oleh Presiden Ir.Joko Widodo, benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat baik dari segi peningkatan ekonomi maupun infrastruktur yang dibangun.

Salah satu desa yang memanfaatkan bantuan Dana Desa yakni Desa Picuan Kecamatan Motoling Timur, Kabupaten Minahasa Selatan.

Desa yang dipimpin oleh HukumTua Steven Lakoy tersebut, ditahun 2019 ini mendapat kucuran dana dari APBN (Dandes) sebesar Rp.923.784.000 dan Bantuan dari APBD (ADD) sebesar Rp.392.280.000, dimana untuk Alokasi Dana Desa (ADD) adalah untuk Siltap dan Tunjangan Perangkat Desa dan kegiatan dalam desa.


HukumTua Steven Lakoy mengatakan bahwa Anggaran Dana Desa di Desa Picuan melalui tahap 1 dan 2 sudah dilaksanakan pembangunannya yakni pengerjaan Talud, Drainase dan Rabat Beton Jalan setapak, dan kegiatan fisik tersebut juga akan dilanjutkan dalam tahap III Dandes 2019.

Baca juga:  Harits Lokas Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kecamatan Modoinding

“Manfaat pembanguan dalam desa melalui anggaran Dana Desa memang sangat dirasakan mamfaatnya oleh masyarakat, selain manfaat infrastruktur yang bisa dinikmati masyarakat, warga pula ikut dilibatkan dalam pengerjaan sehingga juga warga mendapat lowongan pekerjaan yang intinya ikut meningkatkan perekonomian warga,” ujar HukumTua Steven Lakoy, Suami terkasih dari Ketua TP-PKK Desa Picuan, Youla Onibala.

Dikatakannya pula bahwa untuk tahap III Dandes Picuan, dianggarkan untuk pengadaan Kendaraan Ambulance, karena permintaan warga masyarakat yang tertuang dalam rapat usulan ditahun 2018 lalu menginginkan pengadaan mobil Ambulance, disebabkan Desa Picuan sangat jauh dengan fasilitas kesehatan (Rumah Sakit).

Untuk pengerjaan pembangunan tahap 1 dan tahap II Desa Picuan telah selesai pengerjaannya, dan akan dilanjutkan dengan dana desa tahap III, selain itu melalui anggran Dandes tahap III juga ada pengadaan Mobil Ambulance Desa.

Baca juga:  Aman dan Halal, Personil Polres Minsel Terima Vaksinasi Sinovac

“Jarak yang cukup jauh dengan fasilitas kesehatan (Rumah Sakit), Desa Picuan sangat butuh kendaraan Ambulance untuk membantu warga masyarakat membutuhkan pelayanan kendaraan menuju ke fasilitas kesehatan, kesemua pembangunan tersebut telah sesuai dengan APBDes Picuan tahun 2019,” tambah Steven Lakoy.

Iapun mengajak warga masyarakat untuk terus mendukung dan mensupport berbagai bidang pembangunan dalam desa, yang pada intinya untuk peningkatan perekonomian masyarakat, untuk kesejahteraan warga masyarakat.

Selain kegiatan pembangunan Desa, sesuai APBDes Picuan juga ditata kegiatan-kegiatan lainnya seperti pelatihan kelompok perempuan, Peningkatan Kapasitas HukumTua, Ketua TP-PKK, Peningkatan Kapasitas Anggota BPD, Sekdes, serta kegiatan sosialisasi-sosialisasi lainnya.

(Hengly)*