Test IVA Penting Dilakukan, Ketua RW 10 Cakung Barat Turangan Bantu Kampanyakan IVA

by -260 views
Dibantu Kader Kesehatan,Ibu-ibu lakukan pendaftaran sebelum TES IVA (foto TI)

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – Kanker mulut Rahim atau kanker serviks menjadi penyebab utama kematian perempuan di Negara-negara berkembang. Saat ini, menurut Turangan, berdasarkan sebuah sumber, setiap dua menit seorang perempuan meninggal dunia akibat kanker serviks.

Ketua RW 10 Cakung Barat Kecamatan Cakung, Jakarta Timur ini, selain aktifis beliau juga sangat konsen terhadap kesehatan masyarakat. Dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan di wilayahnya, baik kegiatan Posyandu, Posbindu dan Lansi Turangan selalu ikut mengawal kegiatan-kegiatan tersebut.

Tak kalah dengan kegiatan TES IVA yang dilaksanakan pada hari Senin, 30/09/2019 ini, Turangan mengajak para perempuan yang sudah pernah melahirkan bahkan sudah pernah menikah untuk sekiranya ikut TES IVA.

Baca juga:  Jelang Penerapan New Normal, Polda Banten Rutin Melakukan Patroli Malam

Bekerja sama dengan pihak Puskesmas Cakung Barat, akhirnya TES IVA dilaksanakan dan berjalan lancer.

Ditangani oleh tenaga medis yang telah dilatih, TES IVA ini telah dihadiri oleh ibu-ibu RW 10 yang dengan antusiasnya, karena mereka sadar betul deteksi kanker serviks itu sangat penting.

“Sangat bersyukur dan berterima kasih, pemeriksaan ini GRATIS, dimana kalau periksa di Rumah Sakit swasta butuh biaya lumayan besar, sementara di sini kita GRATIS,” Ucap seorang Ibu Jenny sembari menyampaikan terima kasih kepada pemerintah setempat dalam hal ini RW 10 juga para medis yang sudah mengadakan semua ini.

Baca juga:  Jurus jitu Babinsa Koramil 427-01/Pakuan Ratu Eratkan Keharmonisan Dengan Warga Binaan dengan pendekatan Komsos

“ Ini skrining mendasar , sederhana dan mudah dilakukan. IVA TES penting dilakukan setahun sekali untuk cek organ intim kita,” Ucap Bidan Lia yang dalam kesempatan ini beliau yang langsung menangani pemeriksaan IVA.

TES IVA kali ini dilaksanakan di klinik Griya Tipar Cakung yang dihadiri oleh ibu-ibu dari RW 10 RGTC kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung Jakarta Timur.

 

(red)