Iuran BPJS Kesehatan Naik, Pemkab Karanganyar Tambah Anggaran Dua Kali Lipat

by -201 views

Kepala Dinas Kesehatan Karanganyar Cucuk Heru Kusumo

KARANGANYAR – Transparansi Indonesia.Co.id | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengusulkan kenaikan anggaran untuk pembayaran premi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada tahun depan. Seiring dengan kebijakan pemerintah pusat yang secara resmi menaikan iuran BPJS Kesehatan pada tahun depan.

Pemkab Karanganyar akhirnya menambah anggaran untuk membayar iuran Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang ditanggung pemerintah daerah.

Jika dibandingkan dengan anggaran yang disiapkan oleh Pemkab Karanganyar untuk membayar premi BPJS Kesehatan pada tahun ini, ada kenaikan sebesar dua kali lipat lebih.

Kepala Dinas Kesehatan Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo menyampaikan, untuk pembayaran premi BPJS Kesehatan yang ditanggung pemerintah daerah pada 2020, pihaknya mengajukan anggaran sekitar Rp 36 miliar.

Baca juga:  Apapun Hasil Munas Kami akan Tunduk dan Patuh

Sedangkan untuk anggaran pada tahun ini sebesar Rp 14 miliar.
Dengan kebijakan kenaikan iuran BPJS Kesehatan pada 2020, pihaknya mengaku sudah memperhitungkan dan memprediksi hal tersebut.

“Kita sudah rancang dan sudah dikomunikasikan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Pak Bupati menetapkan di Kebijakan Umum APBD Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS), itu aman untuk kita. Untuk membayar (premi BPJS Kesehatan) 2020, sementara ini sudah masuk dirancangan itu,” katanya kepada Tribunjateng.com, Selasa (5/11/2019).

Cucuk menjelaskan, anggaran sebesar Rp 36 miliar tersebut hanya digunakan untuk membayar iuran PBI saja. Sampai saat ini jumlah peserta PBI yang masuk database sekitar 55 ribu jiwa, akan tetapi yang sudah diverifikasi sekitar 52 ribu jiwa. (Yudi)

Baca juga:  Ketua DPD PEWARNA INDONESIA Propinsi Jabar Mengecam Bom Bunuh Diri Depan Gereja Katedral Makassar