Bupati Karanganyar Berencana Perbanyak Pojok Baca di Ruang Publik

by -206 views


KARANGANYAR – Tranparansi Indonesia.co.id | Bupati Karanganyar, Juliyatmono berharap membaca buku menjadi tradisi masyarakat di Kabupaten Karanganyar.

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Juliyatmono seusai membuka acara Festival Buku Karanganyar sekaligus meresmikan BI Corner di Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Karanganyar, Kamis (7/11/2019).
Menurutnya dengan kegiatan ini turut menggelorakan kembali ketertarikan dan pentingnya membaca buku.

Pemerintah memfasilitasi dengan melakukan penataan di Disarpus Karanganyar supaya tempat ini nyaman bagi masyarakat.
“Semakin banyak membaca, pintu sukses akan terbuka.
Gunakan tempat ini untuk membaca, berdiskusi.
Membaca sama dengan mengolah data, kalau data yang diperoleh semakin banyak, outputnya juga akan bagus,” katanya kepada wartawan, Kamis (7/11/2019).

elain melakukan penataan dan penambahan fasilitas di Disarpus, dikatakan Juliyatmono tidak menutup kemungkinan meletakan pojok baca di tempat pelayan publik. “Misalnya di Disdukcapil, sambil menunggu bisa membaca buku,” ungkapnya.
Sambungnya, penting untuk mengenalkan perpustakaan yang sudah didesain senyaman mungkin dan representatif kepada masyarakat.
“Outputnya menciptakan SDM unggul. Bagaimana membaca itu menjadi tradisi bagi masyarakat,”ujarnya.

Baca juga:  Gubernur Ganjar Minta DPRD Berani Tegur Kepala Daerahnya

Kepala Disarpus Karanganyar, Bambang Harsono mengungkapkan, kegiatan ini dalam rangka menyongsong Hari Jadi ke-102 Kabupaten Karanganyar.
Mengambil tema mewujudkan Karanganyar Maju berintegritas dengan membaca buku, ia berharap dapat memotivasi gerakan gemar membaca dan mendekatkan buku kepada masyarakat.
Sementara itu Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jateng, Sapta Hermawati menegaskan, perpustakaan memiliki peran vital dalam meningkatan SDM.
Mengingat perpustakaan menjadi tempat pengumpulan sumber informasi, ilmu pengetahuan serta pusat kegiatan masyarakat setempat. “Perpustakaan yang hebat bukan hanya gedungnya yang mengah tapi perpustakaan hebat itu bagaimana dapat mengubah cara pandang untuk meningkatkan kualitas masyarakat,” ungkapnya.
Dalam peresmian BI Corner di Disarpus Karanganyar itu, turut dihadiri Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo, Bambang Pramono.

Baca juga:  Bupati Ingatakan PPKM Mikro di Perketat, dan Lakukan Penyekatan di Tiap Pintu Masuk Desa

Dijelaskannya, dengan BI Corner semoga dapat meningkatkan SDM di Karanganyar. “Kita ingin membantu pemerintah dalam meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di daerah-daerah,” jelas Bambang.
Lanjutnya, di BI Corner itu disediakan rak buku, tv, komputer serta sofa.
Selanjutnya terkait pengelolaan dan pemeliharaan akan diserahkan kepada Disarpus Karanganyar.
“Apa yang sudah kami berikan akan terus dievaluasi (pengelolaannya),” paparnya. (Yudi)