Pembangunan Talud dan Perkerasan Jalan Jadi Fokus Dandes 2019 Tahap III Desa Linelean

by -387 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – – Diakhir Tahun 2019 ini, beberapa Desa sudah mulai merampungkan pembangunan-pembangunan melalui anggaran Dana Desa, setelah pengerjaan ditahap 1 dan 2 sudah selesai, maka dilanjutkan dengan pengerjaan melalui Dana Desa Tahap III.

Sesuai dengan tujuan dari Program Dana Desa, yakni membangun dari daerah pinggiran, untuk kemajuan bangsa Indonesia, dana yang dikucurkan melalui Anggaran APBN tersebut, diharapkan mampu meningkatkan peremonomian warga masyarakat pedesaan, salah satunya dengan ketersediaanya, atau terbangunnya berbagai infrastruktur dalam desa, guna menunjang aktifitas warga masyarakat.

Dana Desa yang masuk ke Desa Linelean, Kecamatan Modoinding sejak Dandes tersebut dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo, telah banyak dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat Linelean yang pada umumnya berprofesi sebagai petani.


Ditahun 2019 ini berbagai infrastruktur telah dikerjakan seperti jalan kebun, drainase, platdeker, dan untuk tahap tiga dandes Linelean tahun anggaran 2019, sesuai dengan APBDes Linelean 2019, akan mengerjakan Talud dan kelanjutan perkerasan jalan kebun.

Mengawali pengerjaan Talud, yang berlokasi dijalan pekuburan desa Linelean, diawali dengan Ibadah peletakan batu pertama, yang dipimpin oleh Pdt.Jeiner Wowor STh, yang juga selaku Ketua BPMJ GMIM ‘Efrata’ Linelean, Ibadah peletakan batu tersebut dilaksanakan pada Kamis 12 Desember 2019 dan dihadiri oleh perwakilan dari Kecamatan, Pendamping Desa, BPD, TPK, serta warga masyarakat yang akan melaksanakan pengerjaan talud tersebut.

Baca juga:  Kapolres Minsel, FX Winardi Prabowo Lakukan Kunker dan Tatap Muka Dengan Masyarakat Kecamatan Ranoyapo dan Motoling Raya

HukumTua Desa Linelean Roger Kapahang, mengatakan bahwa dilaksanakannya pengerjaan Talud tesebut, sesuai dengan APBDes Linelean tahun anggaran 2019, gunanya selain sebagai penahan jalan, juga berfungsi sebagai drainase.

“Kita sangat bersyukur diakhir tahun anggaran 2019 ini, berbagai pembangunan infrastruktur dalam desa berhasil dibangun, melalui anggaran Dana Desa, terutama akses jalan kebun dan beberapa unit platdeker yang manfaatnya sangat dirasakan oleh warga masyarakat yang umumnya adalah petani tanaman holtikultura,” ujar Roger Kapahang.

Dikatakannya pengerjaan Pembangunan Talud Penahan Jalan tersebut, dianggarakan sebesar Rp.26.055.000 sudah termasuk pajak, dengan volume panjang 80 meter, dan pengerjaannya dilakukan secara padat karya dengan melibatkan masyarakat dalam pengerjaan pembangunan Talud tersebut.

“Dengan Volume Panjang 80 meter, dan menelan anggaran Rp.26.055.000 dan itu sudah termasuk pajak, pengerjaannya dilakukan secara padat karya, dengan melibatkan warga masyarakat dalam pengerjaan, yang merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat dalam pengerjaan sehingga warga masyarakat pula memiliki lahan pekerjaan, sehingga membantu meningkatkan perekonomian keluarga,” tambah Roger Kapahang.

Baca juga:  Khadim di Minggu Sengsara ke-II, Vicky Lumentut Lantik Panji Josua Jemaat GMIM 'Baitani' Mokobang

Selain pembangunan Talud tersebut, anggaran dandes tahap tiga Desa Linelean juga, untuk perkerasan jalan kebun, dimana akses jalan tersebut sangatlah vital bagi roda perekonomian desa Linelean karena, merupakan akses bagi masyarakat dalam mengeluarkan hasil pertanian.

“Perkerasan Jalan ini, menjadi sangat vital bagi Desa Linelean karena jalan tersebut merupakan akses warga masyarakat dalam mengeluarkan hasil pertanian seperti Holtikultura, dan ini sangat penting bagi peningkatan roda perekonomian warga masyarakat Desa Linelean,” jelasnya.

Selain pembangunan fisik infrastruktur desa, anggaran Dandes Linelean, juga mengangarkan kegiatan pemberdayaan dan sosialisasi seperti peningkatan kapasitas perangkat desa, BPD, operator desa, berupa Bimbingan Teknis dan Pelatihan.

 

Ia pun sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan dan support warga masyarakat, dalam menunjang setiap program-program pembangunan didesa Linelean, baik melalui Dana APBN, APBD Provinsi, maupun APBD Kabupaten, dan berharap agar dukungan dan support dari semua elemen masyarakat dan lembaga desa dapat terus berjalan dan bersinergi, guna kemajuan pembangunan didesa Linelean dan berdampak pada kesejahteraan warga masyarakat.

(Hengly)*