Tepat Sasaran dan Bermanfaat, Dandes 2019 Desa Pinasungkulan Utara

by -467 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – – Program pemerintah pusat dalam usaha meningkatan perekonomian warga masyarakat pedesaan menjadi program prioritas, dengan adanya Program Dana Desa yang tujuannya meningkatan pembangunan Indonesia dari wilayah pinggiran.

Selang beberapa tahun sejak Dana Desa dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo, manfaatnya telah banyak dirasakan oleh warga masyarakat, baik pembangunan infrastruktur desa maupun meningkatanya kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Dengan anggaran yang setiap tahunnya bertambah membuat pembangunan infrastruktur didesa semakin mengalami peningkatan dan manfaatnya dirasakan oleh warga masyarakat.

Salah satu Desa yang merasakan manfaat dana desa yakni Desa Pinasungkulan Utara Kecamatan Modoinding, dengan adanya bantuan dana desa menjadikan pembangunan infrastruktur di desa Pinasungkulan Utara mengalami peningkatan, sehingga membuat peningkatan ekonomi juga kepada masyarakat.

Baca juga:  Terkumpul 21 Kantong Darah, Micha Paruntu Apresiasi Giat Baksos Donor Darah PMI Minsel di Kecamatan Modoinding


Ditahun anggaran 2019 ini, Dana Desa yang masuk ke Desa Pinasungkulan Utara, dialokasikan untuk beberapa jenis kegiatan, seperti kegiatan pembangunan desa, pemberdayaan, dan Pelatihan serta sosialisasi.

Kegiatan pembangunan seperti pembangunan fisik telah dikerjakan dan untuk tahap III Dandes Pinasungkulan Utara, mengerjakan Drainase dan kegiatan lainnya.

Pejabat Hukumtua Desa Pinasungkulan Utara, Rosye Wagey mengatakan bahwa kegiatan pembangunan Fisik infrastruktur desa, dilaksanakan secara padat karya, dengan melibatkan warga masyarakat dalam pengerjaan, sehingga juga membantu ekonomi keluarga masyarakat Desa Pinasungkulan, jadi selain mendapat manfaat dengan tersedianya infrastruktur desa, juga warga mendapat lapangan kerja.

Sesuai dengan APBDes Pinasungkulan Utara, Pengerjaan Fisik Dandes Pinasungkulan Utara, telah tepat sasaran dan bermafaat bagi warga masyarakat seperti pembangunan Talud, Drainase, Pavinisasi, plat deker, dan kegiatan fisik lainnya.

Baca juga:  Tetty Himbau Kwarcab Pramuka Minsel Eksis Lakukan Kegiatan dan Terobosan

Selain kegiatan pembangunan desa, dalam APBDes Pinasungkulan Utara juga ditata untuk kegiatan pemberdayaan dan Pelatihan-pelatihan seperti Paralegal Desa, peningkatan Kapasitas Perangkat Desa, BPD dan Opertaor Desa.

Penyertaan modal untuk BUMDes juga ditata dalam APBDes 2019 ini termasuk didalamnya penyertaan modal untuk BUMDes bersama Modoinding, sebesar Rp.20.000.000.

HukumTua Rosye Wagey mengatakan dukungan dan support dari lembaga-lembaga desa serta element masyarakat juga sangat penting dalam pembangunan desa Pinasungkulan Utara, guna peningkatan kemajuan desa, untuk kesejahteraan masyarakat desa Pinasungkulan Utara.

(Hengly)*