Bupati CEP Ajak Warga Minsel Daftar Peserta Penerima Kartu Prakerja

Minsel66 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Ditengah kesulitan ekonomi yang dihadapi warga dimasa pandemi Covid-19 saat ini, kabar gembira datang dimana Pemerintah resmi membuka pendaftaran program bagi warga masyarakat yakni Kartu Prakerja.

Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu SE mengajak kepada warga masyarakat Minsel untuk memanfaatkan peluang ini dengan mendaftar kartu prakerja dilaman resmi www.prakerja.go.id


Hal tersebut sebagaimana penjelasan dari Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto MBA MMT.

Adapun manfaat yang akan didapat dari Kartu Prakerja tersebut yakni Manfaat Pelatihan dan Insentif bagi para pencari pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan usaha atau mata pencaharian, serta mengalami penurunan daya beli akibat dampak Covid-19.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bahwa Kartu Prakerja ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi, produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta didalamnya dapat meringankan beban hidup dikarenakan pandemi Covid-19.

Adapun syarat dari para calon peserta penerima kartu prakerja yakni berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal, dimana pendaftarannya akan terbagi dalam tiga tahap.

Adapun cara mendaftar yakni calon peserta membuat akun Prakerja disitus www.prakerja.go.id kemudian mendaftarkan diri dengan memasukan biodata diri seperti Nama, Tangggal lahir, NIK, dan data pendukung lainnya, kemudian data akan di verifikasi oleh Kementerian dan lembaga terkait.

Sejak 11 April 2020 sampai minggu ke-empat di bulan November, akan dibuka pendaftaran untuk kuota sebanyak 164 ribu peserta.

Bupati Tetty Paruntu mengajak bahwa Warga Minsel untuk ikut mendaftar sebagai peserta kartu Prakerja baik secara online atau menghubungi Disnaker Minsel, karena manfaat dari Kartu Prakerja yakni setiap peserta penerima kartu prakerja akan mendapat total Rp.3.550.000.

Rinciaannya adalah Bantuan untuk biaya pelatihan sebesar Rp.1.000.000 yang dapat digunakan untuk membeli aneka platform digital mitra, Intensif yang akan dikirim ke rekening bank atau melalui media transfer lainnya, dimana intensif ini ada dua bagian yakni intensif penuntasan pelatihan selama 4 bulan, dan per-bulannya sebesar Rp.60.000 sehingga total intensif sebesar Rp.2.400.000.
Dan untuk insentif ke-dua, pasca pengisian survei, sebesar Rp.50.000 per-survei dan ada tiga kali survei sehingga totalnya menjadi Rp.150.000.

“Ayo warga Minsel, daftar sebagai peserta kartu Prakerja karena akan dapat banyak manfaat, silahkan daftar dan bagi yang belum terlalu mengerti, silahkan menghubungi Disnaker Minsel, manfaatkan peluang ini ditengah kita menghadapi pandemi Covid-19,” tambah Bupati Tetty.

(Hengly)*