Bupati Tetty Pantau Penyaluran BLT-Dandes di 6 Desa di Kecamatan Maesaan

Minsel22 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Bupati Minahasa Selatan DR.Christiany Eugenia Paruntu SE pada Rabu 01 Juli 2020, melakukan kunjungan kerja ke wilayah Minahasa Selatan Atas (Minsela), tepatnya di Kecamatan Maesaan.

Kunjungan kerja dari Bupati Minahasa Selatan ke Kecamatan Maesaan tersebut dalam rangka memantau proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (Dandes) didesa yang ada di Kecamatan Maesaan.

Berkunjung ke Wilayah Kecamatan Maesaan, Bupati Tetty Paruntu langsung menuju ke Desa Lowian memantau proses penyaluran BLT-Dandes di desa tersebut, dan disambut oleh Pejabat HukumTua Desa Jeane Tewu SPd, bersama jajaran Pemdes Lowian serta warga masyarakat.

Selanjutnya Bupati Tetty, melanjutkan giat pemantauan penyaluran BLT-Dandes di Desa-desa lainnya yakni Desa Tumani Utara, Desa Tumani, Desa Tumani Selatan, Desa Bojonegoro, dan Desa Tambelang.

Dalam sambutannya disetiap desa yang di kunjungi oleh Bupati Tetty Paruntu, mengatakan bahwa penyaluran BLT-Dandes tersebut sebagaimana peraturan Menteri Desa nomor 6 tahun 2020 yang kemudian direvisi ke Permendes nomor 50 tahun 2020, tentang penyaluran BLT-Dandes kepada warga masyarakat yang terdampak Covid-19 dan yang benar-benar membutuhkan bantuan guna keberlanjutan kehidupan ditengah pandemi Covid-19 saat ini.


Bupati Minsel dua periode tersebut juga mengingatkan kepada keluarga penerima manfaat BLT-Dandes (KPM BLT-Dandes), untuk dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik dan benar sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai dengan keinginan, serta belanjakan bantuan langsung tunai tersebut untuk hal-hal yang produktif bukan konsumtif.

“Kepada KPM BLT-Dandes saya ingatkan untuk dapat memanfaatkan bantuan ini dengan baik dan benar, pergunakan sesuai dengan kebutuhan bukan sesuai dengan keinginan, belanjakanlah untuk hal-hal yang produktif,” ujar Tetty Paruntu yang juga adalah Ketua DPD 1 Partai Golkar Sulut.

Disetiap kesempatan mengunjungi enam desa di Kecamatan Maesaan yang melaksanakan penyaluran BLT-Dandes, Bupati Tetty Paruntu menyerahkan secara simbolis bantuan yang bersumber dari Dana Desa tersebut kepada keluarga penerima manfaat BLT-Dandes.

Baca juga:  19 Siswa SMP Negeri 1 Ranoyapo Ikuti UAS

Dalam sambutannya pula Bupati Tetty Paruntu memaparkan berbagai keberhasilan-keberhasilan yang telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, dimana selama dua periode memimpin Kabupaten Minahasa Selatan, wanita cantik tersebut telah banyak menorehkan prestasi, serta pembangunan dari berbagai sektor yang telah banyak dirasakan manfaatnya oleh warga Minahasa Selatan.

Ditengah pandemi Covid-19 saat ini yang masih melanda wilayah Kabupaten Minahasa Selatan, Bupati segudang prestasi tersebut, juga mengajak kepada warga masyarakat untuk selalu patuh dan taat terhadap himbauan dan anjuran dari Pemerintah, tetap berlakukan protokol kesehatan dalam upaya bersama memerangi dan memutus rantai penyebaran Covid-19, rajin cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, selalu pakai masker ketika beraktivitas diluar rumah, jaga jarak, dan jaga prilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat.

Baca juga:  Disnakertrans Minsel Buka Loket Pelayanan Informasi Pasar Kerja

“Kita masih berperang dengan penyebaran Covid-19, maka dari itu saya mengajak kepada kita semua untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dalam upaya kita bersama mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19, rajin cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, selalu pakai masker, terapkan Social Distancing dan Physichal Distancing serta jaga pola hidup bersih dan sehat,” kata Tetty Paruntu yang merupakan bakal calon Gubernur Sulawesi Utara dari Partai Golkar.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Minahasa Selatan Hendrie Lumapow SH.MSi, juga dalam sambutannya menyampaikan mengenai tata cara dan prosedur penyaluran BLT-Dandes Kepada Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dandes), dimana bantuan ini telah melalui prosedur dan proses yang sesuai aturan melalui Musyawarah Desa Khusus Desa penetapan KPM BLT-Dandes.

Hadir pula dalam giat rangkaian Bupati Tetty Paruntu dalam Pemantauan Penyaluran BLT-Dandes di 6 Desa di Kecamatan Maesaan, diantaranya Kepala Dinas PMD Minsel Hendrie Lumapow SH.MSi, Sekretaris Dinas PMD Altin Sualang SSTP.MPA bersama pegawai DPMD Minsel, Camat Maesaan Meyti Pangau SPd, Kapolsek Tompasobaru Iptu Jefry Mailensun, Danramil Tompasobaru Letda.Inf Adri Kandowangko, para HukumTua bersama jajaran Pemerintah Desa dan KPM BLT-Dandes.

(Hengly)*