AMTI Desak Kepolisian Tangkap Oknum Mandor Pabrik Gaharu Pengancam Wartawan

by -41 views

Jakarta, transparansiindonesia.co.id — Intimidasi terhadap profesi jurnalis atau wartawan kembali terjadi, kali ini Kabupaten Serang Banten, dimana seorang wartawan dari media ketikkita.com mendapatkan pengancaman dari seorang mandor perusahaan yang bergerak dibidang kayu-kayuan jenis Gaharu.

Akan hal tersebut, LSM Aliansi Masyarakat Transparansi Indonesia sangat menyesalkan dengan perilaku yang dilakukan oleh mandor dengan inisial ST, yang melakukan pengancaman terhadap seorang wartawan.

Melalui Ketua Umum DPP LSM-AMTI Tommy Turangan SH, mendesak kepada aparat kepolisian untuk mengusut dan menangkap oknum yang melakukan pengancaman terhadap wartawan, hal tersebut menurutnya karena profesi Wartawan dilindungi oleh Undang-undang dalam melaksanakan tugas mencari dan mengumpulkan informasi.

Baca juga:  Presiden Jokowi Menerima Sejumlah Perwira yang Baru Mendapatkan Kenaikan Pangkat

“Kami minta kepada pihak kepolisian untuk mengusut dan menangkap oknum mandor pabrik Gaharu tersebut yang melakukan pengancaman terhadap wartawan, profesi pers dilindungi oleh Undang-undang dalam melaksanakan tugasnya,” ujarnya.

Untuk diketahui sebagaimana diberitakan oleh media ini sebelumnya, bahwa Oknum Mandor pabrik Gaharu dengan inisial ST yang merupakan mandor di pabrik Gaharu di Serang Banten mengancam seorang wartawan yang meliput untuk media kitaketik.com, dimana wartawan tersebut menulis mengenai pabrik pengolahan kayu gaharu yang diduga belum mengantongi ijin usaha, dimana lokasi pabrik berada di Desa Pengalang, Kecamatan Ciruas, Serang Banten.

Peristiwa pengancaman terjadi disalah satu cafe pada Sabtu 6 Maret 2021, dimana Imam Sumantoro yang merupakan wartawan kitaketik.com bersama rekan-rekannya lagi asik mengobrol, namun tak lama kemudian datang Mandor ST yang merupakan pengawas di pabrik tersebut, lalu terjadi cek-cok dan adu mulut dan sang mandor mengeluarkan kata-kata ancaman terhadap Imam Sumantoro.

Kamu jangan sok-sok jadi wartawan hebat Imam, akan saya pecahkan kepala kamu Imam, saya tidak takut dengan wartawan‘ begitulah kalimat yang keluar dari mulut sang mandor dengan nada yang tinggi.

Oleh karena ancaman tersebut, AMTI mendesak agar pihak berwajib untuk segera menangkap oknum mandor ST, yang telah melakukan pengancaman serta pula pelecehan terhadap profesi Jurnalis.

Baca juga:  ASN Tak Boleh Rangkap Jabatan Jadi Kepala Desa

(red)*