Tim Saber Pungli Polda Riau Lakukan OTT Terhadap Sekcam Binawidya Pekanbaru

Uncategorized52 Dilihat

Tim Saber Pungli Polda Riau Lakukan OTT Terhadap Sekcam Binawidya Pekanbaru


Pekanbaru -Transparansi indonesia.co.id Tim Saber Pungli Polda Riau melakukan Operasi Tangkap Tangan terhadap HS (44) selaku Sekretaris Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru, tersangka HS yang sebelumnya sebagai Lurah Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan ini terkena OTT di Kantor Camat Binawidya.

Sebagaimana dijelaskan oleh Irwasda Polda Riau Kombes Pol Drs M. Syamsul Huda pada saat Konperensi pers didamping oleh Dir Reskrimsus Polda Riau Kombes Pol Andri Sudarmadi dan Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto, di ruang Tribrata lantai 5 Gedung Utama Mapolda Riau jalan Pattimura no. 13 Kota Pekanbaru pada Senin sore (15/03/2021). Disampaikan bahwa perkara ini terungkap karena Keberanian Saksi Korban membongkar Praktek korupsi yang dilakukan oleh tersangka HS yang merupakan aparat pemerintahan di kantor Camat Bina Widya.

Lebih lanjut dijelaskan Syamsul Huda bahwa pada bulan Desember 2020 saksi korban mengurus SKGR di kelurahan sidomulyo barat dan diminta sejumlah dana oleh tersangka HS. Sesungguhnya bulan Januari korban sudah memberikan sebesar Rp.500.000 namun ditolak dan diminta menyiapkan dana Rp. 3.000.000 untuk menandatangani SKGR yang sudah di register namun belum ditanda tangani tersangka yang saat itu masih menjabat sebagai Lurah. Pada tanggal 10 Maret 2021 saksi korban menyerahkan dana tersebut kepada pelaku dan dilakukan Operasi Tangkap Tangan dikantor kecamatan Bina Widya Pekan Baru

Baca juga:  Resnarkoba Polres Kampar Tangkap Pengedar Shabu di Desa Koto Perambahan

“Sesungguhnya pelayanan publik seperti itu tidak ada biaya PNBP nya” ujar Syamsul Huda menjelaskan.

“PNBP atau Pendapatan Negara Bukan Pajak tidak dikenakan atas pengurusan SKGR yang artinya masyarkat dalam mengurus tidak lah dikenakan pungutan. Namun tersangka HS mempersulit pelayanan masyarakat dengan maksud mencari keuntungan pribadi. Dalam prakteknya Pemerintah sudah menyiapkan pembagian sertifikat secara gratis dan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)”, lanjut Syamsul.

Dalam Operasi Tangkap Tangan di kantor Camat Binawidya Kota Pekanbaru, Tim Satgas Saber Pungli Polda Riau dipimpin AKP Ario Damar melakukan Operasi Tangkap Tangan terhadap tersangka HS yang sebelumnya menjabat sebagai Lurah Sidomulyo Barat. Dari penangkapan tersebut,

“Tim mengamankan barang bukti berupa uang tunai sejumlah tiga juta rupiah didalam amplop warna putih yang bertuliskan “pengurusan tanah” Surat Keterangan Ganti Rugi”, terang Syamsul.

Baca juga:  Diduga Karena Hubungan Pendek Arus Listrik, Rumah Warga Tapung Hulu ini Ludes Terbakar

Pelaku dijerat Pasal 12 huruf e Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2001 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
Yang berbunyi : ”Dugaan Tindak Pidana Korupsi yaitu pegawai negeri atau penyelenggara negara yang dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, atau dengan menyalahgunakan kekuasaannya memaksa seseorang memberikan sesuatu, membayar, atau menerima pembayaran dengan potongan, atau untuk mengerjakan sesuatu bagi dirinya sendiri” dengan ancaman pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan pidana denda paling banyak Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah).

Dalam kesempatan terpisah seusai Konperensi Pers, Kombes Pol Andri Sudarmaji mengungkapkan pihaknya serius menangani dan mengembangkan kasus ini.

“Kami masih memberkas kasus tersangka HS ini termasuk kita akan telusuri aliran dana yang diterimanya. Kita komit dalam memberantas kasus korupsi di wilayah Riau” ujarnya menutup pembicaraan

(Romi)