Anggaran Dandes Tahap 1 Cair, Pemdes Makaaroyen Langsung Action Dengan Beberapa Program Pembangunan

by -373 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Gerak Cepat ditunjukkan oleh jajaran Pemerintahan Desa Makaaroyen, Kecamatan Modoinding, dimana dengan pencairan dana desa tahun anggaran 2021 sudah ada, berkat pembuatan dan pemasukan laporan penggunaan dandes 2020 yang sudah bisa dipertanggungjawabkan, dan mendapatkan apresiasi dari Pemerintah melalui pemberian penghargaan beberapa hari lalu.

Sebagai desa yang tercepat dalam pelaporan penggunaan dandes, maka Desa Makaaroyen sudah bisa mendapatkan pencairan dana desa tahap satu untuk tahun anggaran 2021, guna digunakan untuk pembangunan yang ada didesa, serta penyaluran bantuan langsung tunai dana desa kepada keluarga penerima manfaat.

Untuk tahap satu Dandes 2021 Desa Makaaroyen, dianggarkan beberapa item kegiatan, diantaranya pembangunan infrastruktur desa yakni Pavinisasi Jalan Desa, Penyaluran BLT-DD, penanganan Covid-19, dan anggaran untuk sarana dan prasarana Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Dan untuk kegiatan pengerjaan pembangunan Pavinisasi Jalan Desa, pengerjaannya dikerjakan dengan sistem padat karya tunai (PKT-DD) dengan melibatkan masyarakat dalam proses pengerjaan Pavinisasi Jalan, dan sebelum dimulainya pengerjaan tersebut diawali dengan ibadah peletakan batu pertama, yang dilaksanakan pada Kamis 25 Maret 2021.

Sebagaimana disampaikan oleh HukumTua Makaaroyen Tommy Seon, bahwa berkat kerja keras dan kerja sama dari jajaran pemerintah dan lembaga desa Makaaroyen sehingga proses pencairan anggaran dana desa Makaaroyen tahun 2021, sudah bisa dicairkan sehingga proses pembangunan sudah akan dilaksanakan.

Baca juga:  Giat KRYD, Sutarman Ajak Warga Disiplin Patuhi Protokol Kesehatan

Dimana dikatakan Tommy Seon bahwa untuk pengerjaan pembangunan Pavinisasi Jalan Desa, menelan anggaran Dandes 2021 sebesar Rp.104.504.150 dan anggaran tersebut sudah termasuk PPh dan PPn, dengan volume pekerjaan panjang 84 meter dan lebar 4,5 meter, yang lokasi pengerjaan berada di Lorong Air Panas Desa Makaaroyen.

“Pengerjaan pembangunan Pavinisasi Jalan Desa tersebut, menelan anggaran Dandes sebesar Rp.104.504.150 dengan volume panjang 84 meter dan lebar 4,5 meter, pengerjaannya dilakukan dengan sistem padat karya tunai, dengan melibatkan masyarakat dalam proses pengerjaan, sehingga manfaat dana desa benar-benar dirasakan oleh masyarakat pedesaan,” ujar Tommy Seon.

Selain pengerjaan pembangunan infrastruktur desa yakni Pavinisasi Jalan Desa, untuk tahap satu Dandes Makaaroyen tahun 2021, juga menganggarkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), dimana sesuai dengan hasil Musyawarah Desa, ada 16 Keluarga Penerima Manfaat yang akan menerima bantuan sosial tersebut, dan untuk penyaluran BLT-DD, telah dilaksanakan oleh jajaran Pemdes yang didampingi oleh BPD, dimana untuk penyaluran setiap KPM mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp.300.000 setiap bulan, dan akan disalurkan selama 12 bulan.

“Kita juga, melalui anggaran Dandes Tahap pertama ini, telah mengalokasikan untuk penyaluran BLT-DD, dan penyalurannya telah dilakukan, sebanyak 16 KPM telah menerima manfaat bantuan yang bersumber dari Dana Desa,” tambah Tommy Seon.

Baca juga:  Kapolres Minsel; "Personil Samsat harus Bisa Hindari Praktek Pungli"

Kepada awak media transparansiindonesia.co.id, HukumTua Tommy Seon juga mengatakan bahwa anggaran Dandes 2021 Desa Makaaroyen, juga mengalokasikan anggaran untuk kegiatan Posyandu yang meliput anggaran sarana dan prasarana Posyandu, dan untuk lebih meningkatkan pelayanan dibidang Posyandu, maka penambahan fasilitas pertemuan Posyandu dianggarkan yakni pengerjaan pembuatan ruangan tempat kegiatan Posyandu, dimana proses kegiatan pengerjaannya dikerjakan juga dengan sistem padat karya tunai.

“Dalam APBDes 2021 Desa Makaaroyen, juga di anggarkan untuk anggaran atau dana penanganan Covid-19, dimana untuk belanja berbagai kebutuhan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, seperti pembuatan Posko PPKM, dan belanja Alat Pelindung Diri (APD), serta belanja lainnya dalam rangka mengefektifkan pencegahan Covid-19,” kata HukumTua yang telah menerima berbagai penghargaan tersebut.

Maka dari itu, HukumTua Tommy Seon mengharapkan dukungan dan support serta kerja sama dari semua jajaran pemerintahan dan elemen masyarakat untuk bekerja-sama dan menopang program-program pembangunan didesa, yang kesemuanya untuk kesejahteraan warga masyarakat, terlebih peningkatan perekonomian dan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang masih ada hingga saat ini.
(Hengly)*