Bersama GP Ansor dan Pam Swakrasa, TNI-Polri Kawal Ibadah Jumat Agung di Wilayah Minsel

Minsel19 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Dengan melibatkan sekitar 236 Personel dan dibackup unsur jajaran TNI dari Kodim 1302 Minahasa, serta Pam Swakarsa dan GP Ansor, Polres Minsel melakukan giat pengamanan ibadah Jumat Agung di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan.

Sebanyak 439 tempat ibadah (Gereja), mendapatkan pengamanan dari gabungan TNI-POLRI dan Panji Yosua serta GP Ansor.

Selain didukung kegiatan pengamanan tertutup dari fungsi Intelijen, giat pengamanan yang dilakukan oleh Polres Minsel bersama jajaran TNI, yakni pengamanan dengan konsep terbuka, dan menggelar personel berseragam dinas yang dilengkapi dengan peralatan teknis TNI-POLRI.

Kapolres Minsel AKBP Norman Sitindaon SIK mengatakan bahwa pihak Polres Minsel tidak mau underestimate dalam menghadapi setiap potensi gangguan Kamtibmas perayaan pada Jumat Agung.

Baca juga:  142 Siswa Dinyatakan Lulus, SMPN 1 Tompasobaru Laksanakan Graduation Day

“Pelibatan personel skala besar ini sebagai bentuk konsistensi sikap kita selaku aparat penanggungjawab keamanan, yang tidak mau underestimate atau tidak menganggap enteng akan setiap potensi gangguan Kamtibmas yang ada, termasuk aksi teror pada perayaan Jumat Agung,” terang Kapolres Minsel saat memantau langsung pengamanan di Gereja Katolik Kebangkitan Kristus, Amurang, Jumat siang 02 Maret 2021.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Minsel Kompol Rahmad Lantemona, mengungkapkan bahwa dalam kegiatan pengamanan ini jajaran personel TNI/Polri didukung juga ormas Gereja serta dari GP Ansor NU.

Baca juga:  Terapkan Sistem PKT, Pemdes Liandok Kerjakan Betonisasi Bahu Jalan

“Pengamanan melibatkan personel Polri, ditambah perkuatan dari unsur Koramil TNI/Kodim 1302 Minahasa, didukung Panji Yosua GMIM juga saudara-saudara kita umat Muslim dari GP Ansor,” ungkap Kompol Lantemona.

Terpantau seluruh rangkaian kegiatan peribadatan serta Perjamuan Kudus Jumat Agung, sejak pagi hingga petang hari di Gereja-Gereja yang ada di wilayah hukum Polres Minsel, berjalan aman, lancar dan kondusif, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

(red/TI)*

Sumber/Humas Polres Minsel