Kunker Ke Sulut, Thahjo Kumolo Sampaikan Kebijakan Strategis Pemerintah Pusat Dalam Rangka Penyederhanaan Birokrasi

by -60 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Menteri Pendaya-gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo SH, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Utara pada Senin 12 April 2021.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo berkunjung ke Sulawesi Utara didampingi oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Drs.Teguh Widjinarko MPA dan jajaran Kementerian PAN-RB, disambut oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dalam sambutannya menyampaikan mengenai profil Sulawesi Utara, dimana disampaikan oleh Olly Dondokambey bahwa Provinsi Sulawesi Utara adalah Provinsi dengan daerah kepulauan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Filipina.

Provinsi Sulawesi Utara memiliki 15 Kabupaten/Kotamadya, yakni sebanyak 11 Kabupaten dan 4 Kotamadya, memiliki 171 Kecamatan, 332 Kelurahan, dan 1.839 Desa.

Sulawesi Utara memiliki luas wilayah kurang lebih 1.800 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 2,6 juta jiwa.

Baca juga:  Schouten; "Surat Notifikasi Sehat Hanya Untuk Warga Yang Akan Keluar Area Minsel"

Dalam sambutannya, Gubernur Olly Dondokambey juga melaporkan bagaimana Pemerintah Provinsi Sulut dengan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK), berhasil mengurangi angka kemiskinan dimasa pandemi pada tahun 2020.

Dikesempatan itu pula Gubernur Olly Dondokambey, yang juga disaksikan oleh para Kepala Daerah se-Provinsi Sulawesi Utara termasuk didalamnya Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH, mengatakan mengenai permasalahan kekurangan tenaga pendidik di Sulawesi Utara, baik itu untuk SD, SMP maupun SMA/SMK.

Maka dari itu, Olly Dondokambey meminta kepada Kementerian PAN-RB melalui Menteri Tjahjo Kumolo agar dapat mengikut-sertakan para Tenaga Harian Lepas (THL), yang ada di tingkat SD, SMP maupun SMA/SMK di Sulawesi Utara, kedalam program perekrutan tenaga pendidik atau guru yang berada di naungan Kementerian PAN-RB.

Baca juga:  TRANSPARANSI SULUT: Gubernur OLLY Segera Copot Steve

Sementara itu, Menteri Thahjo Kumolo, dalam kegiatan tersebut membawakan materi tentang kebijakan strategis pemerintah pusat dalam rangka penyederhanaan birokrasi, peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dimasa pandemi, serta kebijakan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut diantaranya Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs.Steven Kandouw ,Unsur Forkopimda Sulawesi Utara, para Rektor Perguruan Tinggi di Sulut, Sekda Provinsi Sulawesi Utara, Para Bupati dan Walikota se-Sulut, para Pejabat Instansi terkait, Kepala SKPD Pemprov Sulut, dan para Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten/Kota se-Sulut.

Kegiatan tersebut juga dilangsungkan secara virtual, dan diikuti oleh jajaran Pemprov Sulut, Jajaran Pemkab dan Pemkot se-Sulawesi Utara.
(Hengly)*