Dirut PD Pasar Manado Masuk Struktur Kepengurusan KNPI Sulut Yang Diketuai KDP

SULUT164 Dilihat

Sulut, transparansiindonesia.co.id – Komposisi kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kubu Ketua Umum Abdul Aziz dan Sekretaris Jenderal Yamitema Tirtajaya Laoly relatif dapat diperhitungkan.

Pasalnya, mereka yang ditunjuk sebagai Ketua DPD KNPI Sulut dari Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) adalah figur yang terbilang senior dibanding kubu KNPI Fajrie yang dipimpin Rio Dondokambey di Sulut. Tak main-main, Surat Keputusan (SK) pengesahan caretaker DPD KNPI Sulut dipimpin Kristovorus Deky Palinggi, SE yang pernah menjadi Ketua DPD KNPI versi Fahd A Rafiq beberapa tahun lalu.

Menariknya dalam SK tersebut, posisi Sekretaris DPD KNPI Sulut ditempati Jootje Robert Rumondor, SE, yang tidak lain adalah Direktur Utara (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Manado. Masuknya Oceng, begitu Jootje akrab disapa menuai tanggapan positif dari sejumlah pihak. Menurut mereka, kubu Rio akan ketar-ketir menghadapi formasi Deky Palinggi-Oceng.

Baca juga:  Jokowi; " Pengurus Gereja Ajak Warga Jemaat untuk Nyoblos"

Sahlan, salah satu aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Manado mengkalkulasi bahwa kehadiran KNPI versi Abdul Aziz mendakan bahwa KNPI berada pada 3 kubu secara nasional. Secara kekuatan senioritas, Sahlan mengaku dalam konteks sepak terjang Decky dan Oceng akan lebih memiliki peran kuat mewarnai gerakan kepemudaan di Sulut.

Baca Juga:  Selalu Bersama Rakyat, Haris Pimpin DPP KNPI Berbagi Saat Ramadhan

‘’Dengan adanya SK dari kubu Abul Aziz, ini bertanda kalau KNPI di tingkat pusat ada 3. Padahal, yang kami ketahui hanya Kanda Haris dan Bung Jakcson Kumaat di DPP KNPI yang merupakan hasil Kongres Bogor 2018. Dari aspek pengalaman tentu Rio Dondokambey kelimpungan melawan Decky dan Oceng. Realitas ini menegaskan bahwa KNPI di Sulut bukan hanya Rio,’’ kata Sahlan.

Baca juga:  Terpilih Secara Aklamasi, Tetty Paruntu Kembali Nahkodai Golkar Sulut

Di tempat terpisah, beberapa aktivis mengatakan keberadaan Oceng selaku Dirut PD Pasar Manado akan menjadi plus-minus tersendiri bagi KNPI Sulut versi Abdul Aziz. Meski begitu, mereka berharap kompetisi program KNPI di Sulut akan berujung pada penyatuan.

Baca Juga:  Potensi Terjadi Hujan Tinggi, Sekot Micler Ingatkan Hubungi Call Center 112

Untuk diketahui, kubu Abdul Aziz di Sulut sebelumnya menjabat Ketua DPD Provinsi adalah Jimmy Ringkuangan. Kini beralih ke Deky Palinggi melalui Keputusan Nomor : KEP.008/DPP KNPI/IV/2021, tertanggal 8 April 2021. Jadinya, semangat penyatuan KNPI melalui Kongres 2021 akankah berjalan mulus?. Kita menunggu dinamika yang akan terjadi.  (***)