Stela Runtuwene Tanggapi Terkait Pergantian Sejumlah Perangkat Desa Di Minsel

by -152 views
Sulut, transparansiindonesia.co.id – Polemik terkait pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa yang terjadi di beberapa desa di Kabupaten Minahasa Selatan, mendapatkan tanggapan serius dari Legislator Sulawesi Utara Dapil Minsel-Mitra, Stela Runtuwene.
 Stela Runtuwene yang merupakan Anggota Fraksi Partai Nasdem DPRD Sulut tersebut, menanggapi dengan bijak terkait pemberhentian perangkat desa di Kabupaten Minahasa Selatan sebagai imbas dari politik pasca pelaksanaan Pilkada.
Srikandi Nasdem, Stela Runtuwene mengatakan, pemecatan tersebut sangat disayangkan, karena aparat perangkat desa dilindungi oleh aturan, sehingga tidak bisa langsung dipecat tanpa ada alasan yang jelas.
“Semestinya, perangkat desa kalau diberhentikan itu harus ada kesalahan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai perangkat desa. Jangan main memberhentikan hanya karena ada laporan sana-sini berkaitan pilkada lalu. Kapan kita mau maju kalau seperti ini,” kata politisi Stela Runtuwene. 
Lanjut dikatakan Runtuwene, harusnya pascapilkada, semua orang dirangkul agar semua masyarakat merasa aman dan tidak terjadi gesekan, sehingga daerah akan lebih maju.
“Jangan buat masyarakat malah timbul gesekan. Harusnya kita saling merangkul, lupakan perbedaan pascapilkada. Terus terang saya merasa sangat kecewa, karena sudah banyak juga yang melaporkan kejadian pemecatan sepihak ini kepada saya,” tutur Runtuwene.
Sekadar diinformasikan, awal pekan ini, sejumlah perangkat daerah yang dipecat menghadap ke kantor DPRD Kabupaten Minahasa Selatan, untuk melaporkan pemecatan mereka yang dilakukan secara sepihak. Bahkan, hingga saat ini mereka tidak pernah menerima alasan dan juga SK pemberhentian dari jabatan mereka di desa. (***) 
Baca juga:  Sejumlah Tokoh Nasional asal Kawanua, Bakal Hadir Dalam Gelaran Manado Fiesta 2018