Puskesmas Maesaan Gelar Orientasi Dan OJT Test, Lacak dan Isolasi Covid-19

by -110 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Maesaan, melaksanakan kegiatan Orientasi dan On The Job Trainning dalam rangka Tes, Lacak dan Isolasi Covid-19, yang dilaksanakan di ruang rapat Puskesmas Maesaan pada Rabu, 28 April 2021.

Kegiatan Orientasi dan OJT Test Lacak, dan Isolasi Covid-19 tersebut dibuka oleh Camat Maesaan Meyti Pangau SPd, dan dihadiri oleh Kapolsek Tompasobaru Iptu Jefry Mailensun, Danramil 1302-18 Tompasobaru Letda.Inf Adri Kandowangko, Kepala Puskesmas Maesaan dr.Irene Pelengkahu, para HukumTua dan operator desa, serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Kegiatan diawali dengan sambutan selamat datang dari Kepala Puskesmas Maesaan dr.Irene Pelengkahu yang juga dilanjutkan dengan penyampaian dari maksud dilaksanakannya kegiatan tersebut yang melibatkan para Sekdes ataupun operator desa.

Dimana dikatakan Kapus Maesaan dr.Irene Pelengkahu bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman terkait test, lacak dan Isolasi bagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 maupun kontak erat dengan pasien terkonfirmasi.

Baca juga:  Sasar Pelayan Publik dan ASN, Puskesmas Maesaan Launching Vaksinasi Sinovac Tahap ke-2

Sementara itu Camat Maesaan Meyti Pangau SPd, dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi akan kegiatan tersebut, dimana perlunya juga peran serta dari para HukumTua maupun Penjabat HukumTua untuk hadir dan mengetahui akan maksud dilaksanakan kegiatan tersebut dalam upaya bersama memutus rantai penyebaran Covid-19.

Kapolsek Tompasobaru Iptu Jefry Mailensun, dikesempatan sambutannya mengatakan bahwa, pihak kepolisian tentunya sangat mendukung dan merespon kegiatan tersebut karena, pihak Polri maupun TNI masuk dalam komponen kegiatan Orientasi dan OJT Test, Lacak, Isolasi Covid-19, guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Pihak Kepolisian pula terus giat melaksanakan sosialisasi dan pendisiplinan bagi warga masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan, guna penanganan dan memutus rantai Penyebaran Covid-19.

Hal yang sama pun disampaikan oleh Danramil 1302-18 Tompasobaru Letda.Inf Adri Kandowangko, yang dimana pihak TNI dalam hal ini Babinsa akan mensupport akan kegiatan tersebut dilapangan, sekaligus juga memberikan apresiasi kepada semua lintas sektor dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Baca juga:  Puskesmas Modoinding Laksanakan OJT Bagi Para Tracher

Sementara materi dalam kegiatan tersebut disampaikan oleh Jory Sumakul selaku Kepala Seksi dalam bidang P2P Dinas Kesehatan Minsel, dimana memberikan pemahaman dan tugas bagi para tracher nanti saat melaksanakan tugas dilapangan nanti, bila ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 maupun mereka yang kontak erat dengan pasien.

Usai materi selanjutnya dirangkaikan dengan simulasi bagi tracher dalam melakukan wawancara dengan pasien maupun para kontak erat.

Kegiatan Orientasi dan On The Job Trainning Dalam Peningkatan TesT, Lacak, Isolasi Covid-19 terlaksana dengan baik, serta dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan.

Kepala Puskesmas dr.Irene Pelengkahu menyampaikan terimakasih kepada semua pihak atas partisipasi dalam kegiatan tersebut, sehingga nantinya tugas para tracher akan lebih mudah dilapangan.

Nantinya bila ada temuan warga terkonfirmasi positif Covid-19, para tracher akan melakukan wawancara dan hasil wawancara di masukan dalam situs dari kemenkes RI. (Hengly)*