Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM, Berlaku Hingga 31 Mei 2021

by -27 views

Jakarta, transparansiindonesia.co.id – Dalam upaya untuk menekan laju penularan pandemi Covid-19, pemerintah kembali memperpanjang pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro) yang akan diberlakukan dari 18 sampai 31 Mei 2021.

Pelaksanaan PPKM Tahap VII ini diperpanjang dengan cakupan tetap di 30 provinsi guna mengantisipasi kegiatan pasca Hari Raya Lebaran dengan disertai pengetatan 3T, yakni tracing, testing, dan treatment.

Dari 30 provinsi yang saat ini melaksanakan PPKM Mikro, 11 provinsi mengalami tambahan konfirmasi harian.

Kenaikan terutama terjadi di Sumatera dan sebagian itu akibat dari datangnya Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Baca juga:  Yusril Ragukan Track Record Prabowo-Sandi yang katanya Banyak Berjasa untuk Kepentingan Islam

Oleh karena itu, Sumatera menjadi perhatian dari pemerintah saat ini dan diperlukan penanganan khusus.

Pemerintah tegas meminta para PMI yang sampai di tanah air harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat, mulai dari PCR tes hingga karantina.

Seperti apa yang disampaikan oleh Menko Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto dimana, sebagai laporan terkini, perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia hingga 9 Mei 2021 alhamdulillah mengalami perbaikan jika dibandingkan dengan rata-rata kasus global. Tingkat kasus aktif 5,7 persen atau 98.395 kasus.

Angka ini relatif lebih baik dibandingkan di tingkat global yang masih 12,3 persen. Kemudian tingkat kesembuhan kita sudah mencapai 91,5 persen atau 1.568.277 kasus versus global 85,78 persen. Sementara tingkat kematian 2,7 persen versus global 2,08 persen.

Baca juga:  Wakil Walikota Yogyakarta Heru Purwadi : Wartawan Nasrani Diperlukan Hadir Di Semua Kelompok Untuk Meredam Hoaks Yang Hari-hari Ini Masih Tumbuh Subur

Hal tersebut sampaikan Airlangga dalam keterangan pers bersama Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi usai mengikuti Rapat Terbatas Penanganan Pandemi Covid-19 yang dipimpin oleh Bapak Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, pada Senin, 10 Mei 2021. (***)