Puskesmas Poopo Gelar Orientasi Dan OJT, Serta Lokmin Bulanan

by -52 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id — Pusat Kesehatan Masyarakat Poopo (Puskesmas Poopo) yang terletak di Desa Poopo Utara, Kecamatan Ranoyapo melaksanakan kegiatan Orientasi dan On The Job Training dalam peningkatan Tes, Lacak dan Isolasi Covid-19.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Puskesmas Poopo, pada Selasa 11 Mei 2021 dan dibuka oleh Camat Ranoyapo Joiske Wakas SPd.

Dalam sambutannya Camat Ranoyapo Joiske Wakas menyampaikan sangat mengapresiasi akan kegiatan Orientasi dan On The Job Trainning Dalam Peningkatan Tes, Lacak dan Isolasi Covid-19, dimana saat ini masih dalam masa pandemi yang tentunya sangatlah memerlukan perhatian dari semua pihak bukan saja dari tenaga kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Selanjutnya dalam kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh para narasumber dari Dinkes Minsel yakni Kepala Bidang P2P Yuni Panambunan dan tim.

Dimana dalam materi yang disampaikan oleh Kabid Yuni Panambunan bahwa perlunya disosialisikan atau ada pembekalan kepada para Tracher untuk melaksanakan tugas melakukan tracking kepada masyarakat bila ada temuan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 maupun yang kontak erat dengan pasien.

Baca juga:  Neyla Piri Pimpin Prades dan Masyarakat Lakukan Pembersihan Akses Jalan Keroit- Raanan Baru

Selanjutnya dalam materi yang disampaikan oleh Yuni Panambunan mengenai tata cara ataupun tahapan dari para Tracher dalam mewawancarai atau melakukan tracking dengan tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

Para Tracher adalah mereka petugas yang akan melakukan pencarian data bila ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Desa ataupun yang kontak erat dengan pasien, dimana para Tracher adalah mereka Sekdes atau perangkat desa, bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Pihak Kepolisian dalam hal ini Polsek Ranoyapo melalui Kapolsek Iptu Rani Rorong SE mengatakan sangat mengapresiasi dan menyambut baik akan kegiatan tersebut, dimana Bhabinkamtibmas juga dilibatkan dengan masuk sebagai Tracher untuk melakukan tes, lacak, dan isolasi Covid-19.

Baca juga:  Gilbert Lumoindong, Micha Paruntu, dan Herry Moningkey, Akan Tampil Sebagai Pembicara dalam KKR di Tompasobaru

Kepala Puskesmas Poopo Grace Tulung, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting, karena dimasa pandemi saat ini potensi penyebaran Covid-19 masih tinggi, maka salah satu tugas dari para Tracher adalah bagaimana meminimalisir dan bahkan mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Grace Tulung pun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan mensupport akan kegiatan tersebut.

Usai kegiatan Orientasi dan On The Job Trainning Dalam Peningkatan Tes, Lacak dan Isolasi Covid-19, dilanjutkan dengan kegiatan Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas Poopo.

Hadir dalam kegiatan tersebut, yakni unsur Forkopimca Ranoyapo, Dinkes Minsel yang dihadiri oleh Kabid P2P Yuni Panambunan bersama staf dan pegawai, Kanit Binmas Polsek Ranoyapo Aipda Herdy Manese, Babinsa, para HukumTua, serta perutusan dari setiap desa di Kecamatan Ranoyapo. (Hengly)*