Pemdes Tumani Selatan Salurkan BLT-DD dan APD

by -44 views

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah Desa Tumani Selatan Kecamatan Maesaan, setelah melalui proses dan tahapan kelengkapan dokumen dalam proses pencairan dana desa, maka mulai melaksanakan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan.

Dimana melalui anggaran dana desa tahun 2021, pemerintah desa Tumani Selatan, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada keluarga penerima manfaat, sesuai dengan hasil keputusan musyawarah desa.

Sebagaimana disampaikan oleh Penjabat HukumTua Tumani Selatan, Meike Lombogia SE, bahwa adapun jumlah KPM BLT-DD Tumani Selatan berjumlah 85 KPM, sesuai dengan hasil musyawarah desa penetapan keluarga penerima manfaat bantuan langsung tunai dana desa tahun 2021.

“Sesuai hasil musyawarah desa penetapan KPM BLT-DD Tumani Selatan berjumlah 85 KPM, dan untuk penyalurannya telah kita laksanakan yakni pada Rabu 12 Mei 2021, dimana yang disalurkan adalah BLT-DD bulan pertama (Januari),” kata Meike Lombogia.

Penyaluran BLT-DD Tumani Selatan, dilaksanakan pada Rabu, 12 Mei 2021, bertempat di Kantor HukumTua Desa Tumani Selatan, dan disaksikan oleh unsur Forkopimca Maesaan yakni Camat Maesaan Meyti Pangau SPd, Kapolsek Tompasobaru Iptu Jefry Mailensun, Danramil 1302-18 Tompasobaru Letda.Inf Adri Kandowangko, BPD dan jajaran Pemdes Tumani Selatan.

Baca juga:  Menyambut HUT Proklamasi RI Ke 72, Kecamatan Maesaan Laksanakan Jalan Sehat.

Dalam sambutannya Camat Meyti Pangau mengatakan bahwa ditahun 2021 ini, penyaluran BLT-Dandes bagi para KPM tetap disalurkan dimana KPM BLT-DD tentunya harus sesuai dengan kriteria dan syarat penerima BLT-DD.
Camat Meyti Pangau pun mengatakan agar para KPM BLT-DD untuk dapat menggunakan bantuan tersebut sebagimana mestinya, dipergunakan sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu Penjabat HukumTua Tumani Selatan Meike Lombogia mengatakan bahwa bantuan langsung tunai dana desa tahun 2021 ini, dimaksudkan dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid-19 yang masih ada hingga saat ini.

“BLT-DD tahun 2021 ini, dalam rangka dan upaya pemulihan ekonomi masyarakat, maka dari kepada para KPM BLT-DD untuk dapat memanfaatkan bantuan ini sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai keinginan, dan berharap bantuan ini akan membantu keluarga penerima manfaat.

Baca juga:  DPRD Minsel Gelar Paripurna Dalam Rangka Penyampaian LKPJ Kepala Daerah Kepada DPRD T/A 2017

Kepada awak media transparansiindonesia.co.id Penjabat HukumTua Meike Lombogia juga mengatakan bahwa untuk Dana Desa Tumani Selatan tahun anggaran 2021, selain terserap untuk BLT-DD, juga ada anggaran penanganan Covid-19, pembangunan infrastruktur desa, dan kegiatan-kegiatan pemberdayaaan.

Sebelum kegiatan penyaluran BLT-Dandes kepada 85 KPM, Pemdes Tumani Selatan juga melaksanakan kegiatan penyaluran Alat Pelindung Diri (APD) kepada semua warga masyarakat Tumani Selatan, dimana APD tersebut berupa Masker dan Hand Sanitizer.

“Tadi juga kita telah melakukan penyaluran Alat Pelindung Diri (APD) berupa Masker dan Hand Sanitizer kepada masyarakat, dimana pengadaan APD tersebut diserap dari anggaran dana desa,” jelas Penjabat HukumTua Meike Lombogia. (Hengly)*