Pasca Pertemuan Dengan Presiden,Pemkab Rohul Usulkan Alkes dan Ambulan untuk Rumah Sakit Rujukan Covid-19

RIAU3 Dilihat

Pasca Pertemuan Dengan Presiden,Pemkab Rohul Usulkan Alkes dan Ambulan untuk Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Rokan Hulu, Riau Transparansiindobesia.co.id Kasus Penularan Covid-19 di Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru dan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mendapat sorotan dari Presiden Joko Widodo dan menaruh perhatian khusus terhadap penanganan Covid-19 di Provinsi Riau, disela Monitoring Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dan Survey Tol di Pekanbaru, Rabu (19/5/2021) lalu,

Presiden Jokowi didampingi Menteri Kesehatan melakukan pertemuan dengan Gubernur dan Forkompinda Riau, Walikota Pekanbaru termasuk Plh Bupati Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos M.Si.

Untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Riau, Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mencatat kebutuhan Alat Kesehatan untuk Rumah Sakit Rujukan Penangangan Covid-19.

Baca juga:  Uang Rp.125 Juta Siap Diberikan Kepada Siapapun Yang Dapat Menemukan Ibu Ervina Sebelum Lebaran Idul Fitri

Pasca pertemuan dengan Presiden, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Dinas Kesehatan Rohul telah mengusulkan permintaan Alat Kesehatan untuk RS Rujukan Covid-19.

Surat Permintaan Alkes dengan Nomor : 440/Dinkes-Yankes/962 yang ditujukan ke Menkes c/q Ditjen Pelayanan Kesehatan, Surat permintaan Alkes tersebut telah diteken Plh Bupati Rohul H. Abdul Haris S.Sos. M.Si, Sabtu (22/5/2021) usai menggelar Rakor Penanganan Covid-19 bersama Forkompinda, Camat dan Kapus.

“Atas Instruksi Presiden melalui Menkes, kita telah mengusulkan beberapa alat kesehatan untuk kebutuhan ruangan isolasi Rumah Sakit (RS) Rujukan Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu,” kata Haris

“Alat kesehatan yang dibutuhkan di RS Rujukan Covid-19 di Rohul seperti High Flow Nasal Cannula (HFNC), Ventilator, Oksigen Konsentrator dan Ambulan Emergency.

Baca juga:  Tiga Hari Tak Pulang, Korban di Temukan di Rumah Pacar. Tak Terima Orang Tua Lapor Polisi

“Jadi rincian kebutuhan RS rujukan Covid-19 seperti RS Awal Bros Ujung Batu, membutuhkan HFNC 1 unit, Ventilator 3 unit dan Oksigen Consentrator 2 unit. Kemudian Kebutuhan RS Surya Insani HFNC 1 unit, Ventilator 1 unit dan Oksigen Consentrator 2 unit.

Sementara itu, RS Az-Zahra membutuhkan alat kesehatan berupa HFNC 1 unit, Ventilator 1 unit dan Oksigen Consentrator 2 unit.

RSUD Rohul HFNC 2 unit, Ventilator 1 unit dan Oksigen Consentrator 4 unit, Ambulans Emergency 1 unit serta untuk Public Ssafety Center (PSC) 119 membutuhkan Ambulans Emergency 1 unit.

PLH Bupati Rohul berharap dari usulan alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 bisa direalisasi dan di akomodir Pemerintah Pusat, dengan harapan bisa membantu percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu. ” Pungkasnya
(Alfian Top / Puga )