Kebakaran Lantai 2 Apotik Hikmah di Kota Bangkinang, Diduga Karena Hubungan Pendek Arus Listrik

by -107 views

Kebakaran Lantai 2 Apotik Hikmah di Kota Bangkinang, Diduga Karena Hubungan Pendek Arus Listrik

BANGKINANG KOTA,Transparansi indonesia.co.id  Telah terjadi kebakaran Ruko lantai 2 (Apotik Hikmah) yang berlokasi di jalan Prof. M. Yamin SH samping Kantor Pos atau didepan Lapangan Merdeka Kota Bangkinang, kebakaran terjadi pada Kamis malam (17/06/2021) sekira pukul 20.20 Wib.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, diduga penyebab kebakaran karena hubungan pendek arus listrik pada lantai 2 ruko tersebut. Pemilik Ruko atau Apotik Hikmah yang terbakar ini adalah Gafurisman (43), yang beralamat di Jln. Datuk Tabano Kecamatan Bangkinang Kota.

Kapolsek Bangkinang Kota IPTU Khairil SH, beberapa saat setelah terjadinya kebakaran langsung turun ke lokasi bersama anggotanya, dan melakukan pengamanan TKP serta membantu proses pemadaman.

Iptu Khairil menjelaskan kronologi kejadian kebakaran ini berdasarkan keterangan saksi-saksi yang melihat dan mengetahui langsung peristiwa ini, disampaikan bahwa kejadian ini bermula sekira pukul 19.40 Wib, dimana saat itu listrik di Ruko Apotik Hikmah padam karena Saklar MCB Listrik membalik keposisi OFF.

Baca juga:  Kunjungan Kerja di Teluk Meranti, Bupati H.Zukri Resmikan Pemakaian Listrik 24 Jam PLN

Kemudian saksi 1 sdr. Yusrizal selaku karyawan toko mencoba menghidupkan kembali Saklar MCB keposisi ON sebanyak 3 kali namun tetap membalik ke OFF, karena tidak bisa selanjutnya Yusrizal menghidupkan mesin Genset.

Sekira pukul 19.55 Wib, Pemilik Ruko Sdr. Gafurisman mencoba menghidupkan kembali Saklar MCB Listrik keposisi ON, setelah Listrik dari PLN hidup pemilik Ruko ini kemudian mematikan mesin Genset.

Lalu sekira pukul 20.20 Wib, Saksi sdr. Robi yang sedang berjualan Roti Bakar didepan Ruko Apotik Hikmah melihat api sudah membesar pada Lantai 2 Ruko tersebut, melihat itu Robi langsung berteriak memberitahu saksi 1 sdr. Yusrizal dan saksi 2 sdr. Alwi yang sedang berada dalam Ruko, mereka kemudian berupaya memadamkan api secara manual menggunakan Ember.

Baca juga:  Forkompimcam Kampar Kiri Akan Semprot Fasum dan Masjid, Camat : Bupati Kampar Kunjungan, Bersama Kita Dampingi

Sekira pukul 20.30 Wib, Anggota Piket Polsek Bangkinang Kota bersama Kapolsek Iptu Khairil SH tiba dilokasi, pada waktu hampir bersamaan juga tiba 5 unit mobil pemadam kebakaran dari Pemda kampar dan langsung melakukan proses pemadaman, api dapat dipadamkan pada pukul 22.00 Wib.

Lebih lanjut disampaikan Kapolsek Bangkinang Kota IPTU Khairil SH, bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, jumlah kerugian belum bisa ditaksir karena masih dalam penghitungan pemilik ruko, ujarnya.

Pada kesempatan ini Iptu Khairil juga menghimbau masyarakat agar selalu mengecek dan memperbaiki instalasi listrik dirumah atau bangunannya secara berkala, untuk menghindari konsleting listrik yang sering kali menjadi penyebab terjadinya kebakaran, ungkapnya

(Rombel)