Hebat! Bupati Pegubin Kuliahkan 200 Pelajar ke Universitas Kristen Satya Wacana

Papua, Transparansi Indonesia.co.id – Bupati kabupaten Pegunungan Bintang, Spei Yan Birdana, S.T.,M.Si terus melakukan gebrakan nyata untuk memajukan daerah itu dari segala aspek yg saat ini sangat tertinggal.

Dalam dunia pendidikan, selain rencana pembangunan kampus Okmin di Pegunungan Bintang yang telah mendapatkan aproved atau persetujuan dari pemerintah pusat, Bupati kabupaten Pegunungan Bintang, Spei Yan Birdana, S.T.,M.Si baru-baru ini telah melakukan nota kesepahaman memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Kristen Satya Wacana untuk menyekolahkan 200 pelajar putera daerah dari kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin).

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dan Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua sepakat menjalin kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Kerjasama yang dituangkan secara resmi melalui nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara, SE.,M.Sc.,Ph.D, dan Bupati Pegunungan Bintang, Spei Yan Birdana, S.T.,M.Si belum lama ini.

Baca juga:  Terima Audiensi KPU, Kapolri Tegaskan Siap Amankan Pemilu 2024

Melkior N.N. Sitokdana, S.​Kom.,M.Eng ditunjuk menjadi wakil UKSW dalam penyerahan MoU secara simbolis yang dilakukan di Lapangan Kabiding Oksibil, akhir Maret lalu dan disaksikan langsung oleh masyarakat Pegunungan Bintang.

Menurut Melkior Sitokdana kerjasama ini akan segera direalisasikan dengan dikirimkannya dua ratus mahasiswa asal Kabupaten Pegunungan Bintang untuk kuliah di UKSW pada tahun akademik 2021/2022. Seluruh mahasiswa tersebut akan menerima beasiswa yang bersumber dari APBD Pemkab Pegunungan Bintang.

“Mereka nanti akan berkuliah di jurusan keguruan dan kesehatan, masing-masing ada 100 kuota. Rencananya Mei mendatang akan dilakukan seleksi. Saat ini sendiri ada 24 mahasiswa aktif UKSW asal Pegunungan Bintang, sebagian sudah selesai S1 dan S2 dan sedang mengabdi di daerah asal,” imbuh Melkior yang juga sekaligus sebagai Project Manager program ini.

Baca juga:  Ngabalin Ingatkan Amien Rais Agar Jangan Sembarang Keluarkan Pernyataan

Sementara itu, Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Birdana mengapresiasi positif kerjasama yang terjalin. Bupati mengaku fokus saat ini adalah membangun SDM Pegunungan Bintang. Kerjasama dengan UKSW, dikatakannya bertujuan untuk menyiapkan SDM dalam bidang keguruan dan kesehatan karena permasalahan umum di Papua dan khususnya Pegunungan Bintang adalah kekurangan guru secara kuantitas maupun kualitas.

“Dengan kerja sama tersebut diharapkan menghasilkan tenaga pendidikan dan kesehatan yang siap membangun SDM Papua,” tegasnya.

(Alex/uksw/foto: istimewa)