Keluhkan Profesionalisme PT Ciputra Internasional, Karyawan Lakukan Hal Ini

by -43 views

MANADO, TRANSPARANSI – Kemelut yang melilit dan mendiskriminasi para pekerja di Indonesia sepertinya belum berakhir. Buktinya di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara dilakukan PT Ciputra Internasional melalui Citraland.

Terungkap, dimana sejumlah karyawan (petugaa kebersihan) di Citraland mengajukan protes. Keberatan karena tidak ditunaikan hak-haknya sebagaimana yang ditegaskan dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan. Z. Rumauru, SH, Kuasa Hukum sejumlah pekerja menuturkan bahwa akibat tersebut membuat kliennya dirugikan. Sehingga dirinya bersama tim Advokat menuntut keadilan.

“Harusnya profesional pengelola Citraland Manado. Klien kami dirugikan disini, karena hak-haknya disunat. Tidak diberikan seutuhnya. Kami mewakili karyawan yang dalam hal ini dirugikan. Artinya, praktek yang dilakukan PT Ciputra Internasional di Manado, tidak sesuai perintah Undang-Undang. Gaji karyawan harusnya sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP), yang ada malah tidak sesuai,” ujar Bang Zack sapaan akrab Z. Rumauru, SH, Kuasa Hukum Petugas Kebersihan yang didampingi Andrew Dully, SH, dan Dedy Manaida, SH, Senin (26/7/2021).

Bang Jack menyebutkan bahwa dasar kerja sama antara PT Ciputra Internasional, atau PT Citra Kawanua Kelola Inti, dan King Palm melanggar Undang-Undang. Karena tidak didasarkan pada Kontrak Kerja. Mirisnya lagi, pihak Citraland Manado bekerja sama dengan CV, satu level dibawah PT.

“Karena ada kejanggalan sehingga kami harus sampaikan ini ke pihak PT Ciputra Internasional. Dalam kasus ini, PT Ciputra Internasional memberi pengerjaam proyek ke CV King Palm. Harusnya ke PT, bukan ke CV,” kata Bang Zack.

Pihak Kuasa Hukum juga berencana melayangkan Surat Somasi kepada PT Ciputra Internasional atas kasus tersebut. Sementara itu, gaji dibawah UMP, tidak ada pesangon dan THR yang menjadi dasar petugas kebersihan menyampaikan keberatan juga tercantum terkait poin jaminan kecelakaan yang tidak disiapkan pihak PT Ciputra Internasional.

Baca juga:  AJP Resmi Dilantik Anggota DPR-RI Periode 2019
Suasana berlangsungnya klarifikasi (Foto TI)

Saat dikonfirmasi, Direktur CV King Palm, Kristian Onthoni, sebagai Perusahaan yang menang Lelang pekerjaan Kebersihan dan Perawatan Taman Kawasan, di Citraland Manado tahun 2017 dan 2019 menyampaikan bahwa pihaknya diundang dan mengikuti tahap Lelang atau Tender proyek secara transparan sesuai mekanisme. Terkait tuntutan karyawan, dirinya menyebut sejatinya harus menjadi tanggung jawab PT Ciputra Internasional dan PT Citra Kawanua Kelola Inti.

“Rincian atau estimasi anggarannya jelas dalam SPK. Dan keberatan yang diajukan petugas kebersihan, harus difasilitasi atau direspon PT Ciputra Internasional dan PT Citra Kawanua Kelola Inti, itu tanggung jawab mereka. Kami telah mengikuti aturan saat Lelang. Hingga menang, iya saya diundang untuk mengikuti Lelang. Beberapa tahun saya pemenang, sebetulnya kalau ini melanggar aturan semestinya saya ditolak sejak awal tidak dimenangkan karena saya menggunakan CV,” ujar Kris kepada sejumlah wartawan, Senin (26/7/2021).

Baca juga:  Polres Cilegon Bagikan Ratusan Takjil Kepada Masyarakat

Kris melanjut penjelasannya, menyangkut pembayaran THR, UMP dan upah kerja itu semua telah dirinci sebelumnya. Dirinya menyebut, PT Ciputra Internasional (Citraland), atau PT Citra Kawanua Kelola Inti yang merupakan anak Perusahaan dari PT Ciputra Internasional jangan seperti mencuci tangan atau tidak membayar hak-hak karyawan sebagaimana ketentuan peraturan Perundang-Undangan.

Untuk diketahui, kasus ini sedang bergulir dan pernah dilakukan beberapa kali mediasi melalui Dinas Tenagakerja Kota Manado. Termasuk hearing bersama DPRD Sulut telah dilakukan, dan hasil rekomendasi meminta Perusahaan PT Ciputra Internasional membayar hak-hak karyawan sesuai regulasi yang ada.

Pihak PT Ciputra Internasional sendiri saat ditemui di Marketing Office mengatakan pihaknya siap mengikuti alur dan langkah yang ditempuh Kuasa Hukum para petugas kebersihan. Mereka juga akan kooperatif merespon jika ada Surat Somasi diberikan. (Fem)