UMKM Binaan EMP Bentu Ltd Raih Penghargaan tingkat Nasional

by -87 views

Jakarta, Transparansi indonesia.co.id UMKM binaan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) EMP Bentu Ltd yakni rumah makan terapung “Airin” meraih penghargaan tingkat nasional pada acara Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) di Jakarta. Penghargaan tersebut diserahkan di malam penutupan Forum Kapnas pada, Kamis, 30 Juli 2022, di Jakarta.

Forum Kapnas 2022 dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Kegiatan ini menampilkan beragam produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi mitra Kontraktor
Kontrak Kerja Sama (KKKS) industri hulu migas di Tanah Air.

KKKS EMP Bentu Ltd menampilkan “Airin” di Forum tersebut setelah sebelumnya rumah makan khas Langgam itu meraih peringkat II pada ajang Pra Kapnas di Kota Batam, Juni lalu.

“Airin” merupakan rumah makan terapung yang terletak di Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, yang dibangun di atas Sungai Kampar. Rumah makan ini menyediakan makanan khas setempat seperti olahan udang sungai, ikan sungai, lalapan pucuk rotan dan sambal terong asam khas Langgam.

Baca juga:  Satu Tahun Honor Kader Posyandu Kecamatan Rantau Utara Belum Dibayar

Tahun ini Forum Kapnas mengambil tempat di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta mengusung tema “Meningkatkan Efek Berganda Industri Hulu Migas, Untuk Indonesia”. Selain pameran produk UMKM, kegiatan juga diisi dengan talk show berkaitan dengan industri hulu migas.

Kegiatan ini sejalan dengan upaya SKK Migas yang sejak 2015 yang terus mendorong kewajiban penggunaan barang dan jasa dalam negeri untuk mencapai peningkatan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di industri hulu migas dalam memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional.

General Manager EMP Bentu Ltd, Tri Firmanto, tak dapat menyembunyikan rasa bangganya atas keberhasilan rumah makan terapung “Airin” menjadi salah satu stand terbaik dari puluhan UMKM yang ikut serta. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa kuliner lokal khas Langgam, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, sudah bisa disejajarkan dengan kuliner lokal daerah lainnya di nusantara.

Baca juga:  KPU TETAPKAN DPB TRIWULAN II 322.690

“Sebagai industri hulu migas yang beroperasi di wilayah Kecamatan Langgam, EMP Bentu Ltd berupaya untuk mendorong UMKM yang ada agar lebih mandiri dan terus berkembang melalui kegiatan PPM perusahaan. Salah satunya adalah rumah makan terapung Airin, yang terpilih mengikuti event ini dengan memperkenalkan kuliner lokal khas Langgam,” katanya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya SKK Migas Pusat dan SKK Migas Perwakilan Sumatra bagian Utara (Sumbagut) yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Diharapkan keberhasilan ini bisa memacu UMKM lainnya agar bisa berprestasi dan dikenal di tingkat nasional,” ujar Tri Firmanto.

(ROMI)