48 KPM Desa Lowian Terima BLT-DD Triwulan Pertama Tahun 2023

Minsel131 Dilihat

Minsel, transparansiindonesia.co.id – Pemerintah desa Lowian, Kecamatan Maesaan, Kabupaten Minahasa Selatan menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) kepada para keluarga penerima manfaat (KPM).

Realisasi penyaluran BLT-DD tahun 2023 desa Lowian untuk triwulan pertama (Januari, Februari dan Maret) dilakukan setelah proses dan tahapan administrasi sebagai syarat penyerapan BLT-DD telah dirampungkan.

Penyaluran BLT-DD, dimaksudkan untuk membantu masyarakat yang termasuk dalam keluarga penerima manfaat dalam rangka meningkatkan roda perekonomian keluarga, dimana pasca pandemi tentunya sektor perekonomian masih sangat berdampak bagi warga masyarakat.

Penjabat HukumTua Desa Lowian Deitlie Kawengian S.Pd mengatakan bahwa sesuai hasil musyawarah desa, maka ditetapkan sebanyak 48 keluarga penerima manfaat BLT-DD tahun 2023.

Dimana hasil musyawarah desa tersebut, selanjutnya dituangkan dalam peraturan kepala desa tentang jumlah penerima manfaat bantuan langsung tunai dana desa yang ada didesa Lowian untuk tahun 2023.

Pemdes Lowian Menyalurkan BLT-DD Triwulan Pertama Kepada 48 KPM

Selanjutnya, penyaluran BLT-DD kepada 48 KPM dilaksanakan oleh pemerintah desa Lowian pada Selasa 4 Juli 2023 yang dihadiri oleh Camat Maesaan Jelly Nelwan SPt, Kapolsek Tompasobaru AKP Boby Tri Mulyono, Koordinator Kecamatan TPPI Maesaan, lembaga desa dan jajaran pemerintah desa.

Dikatakan Penjabat HukumTua Deitlie Kawengian bahwa para KPM yang sebanyak 48 menerima uang tunai sebesar Rp.900.000 yang merupakan kalkulasi dari Rp.300.000 dikalikan tiga (3) bulan yakni Januari Februari dan Maret.

Dengan sebanyak 48 KPM yang ada didesa Lowian, untuk alokasi anggaran BLT-DD tahun 2023 menelan anggaran Rp.172.800.000 dan jumlah tersebut sudah sesuai dengan aturan pengalokasian BLT-DD dari pagu dana desa yakni sebesar 10-25 persen.

Kepada para keluarga penerima manfaat anggaran dana desa, penjabat HukumTua mengajak agar dapat dipergunakan sesuai dengan peruntukannya, guna menambah dan meningkatkan perekonomian masyarakat yang berdampak pada peningkatan ekonomi keluarga.

“Pergunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, karena bantuan ini adalah merupakan salah satu wujud nyata kepedulian pemerintah terhadap masyarakat, jadi semoga bantuan ini tentunya akan sangat bermanfaat dan dipergunakan sesuai dengan kebutuhan,” ajak Penjabat HukumTua Deitlie Kawengian S.Pd.

Selain dialokasikan untuk BLT-DD, anggaran dana desa Lowian juga dialokasikan untuk beberapa kegiatan lainnya seperti bidang pembangunan desa, kegiatan pemberdayaan masyarakat, kegiatan ketahanan pangan desa, kegiatan pelatihan dan peningkatan kapasitas serta kegiatan lainnya sesuai dengan apa yang tertuang dalam APBDes Lowian tahun 2023.
(Hengly)*