Peduli Akan Pentingnya Menciptakan Keamanan & Keselamatan, Sat lantas Polres Pelalawan Kembali Gelar Polisi Sahabat Anak.

RIAU93 Dilihat

PELALAWAN, Transparansi lndonesia.co.id Satlantas Polres Pelalawan mengambil langkah proaktif dalam meningkatkan kesadaran dan rasa peduli akan pentingnya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) di kalangan pelajar.

Hal itu dilakukan dengan menggelar kegiatan Polisi Sahabat Anak di Sekolah Dasar (SD) Global Andalan Pangkalan Kerinci, Townsite 1 Kompleks PT. RAPP Kecamatan Pangmalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, Jumat (3/5/2024).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Pelalawan AKP Akira Ceria, S.I.K, M.M bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang rambu-rambu lalu lintas kepada anak-anak sejak usia dini, memberikan edukasi terkait budaya tertib berlalu lintas hingga memperkenalkan tugas serta peran Polisi Lalu Lintas.

Pada pelaksanaannya, Kasat Lantas Polres Pelalawan bersama Kanit Kamsel Satlantas Polres Pelalawan dan personel Satlantas Polres Pelalawan lainnya memberikan penyuluhan kepada anak-anak tentang pentingnya mentaati peraturan berlalu lintas, menggunakan trotoar dan menggunakan helm SNI saat berkendara.

Tidak hanya memberikan edukasi, personel Satlantas Polres Pelalawan juga menyajikan materi pengenalan tugas dan peran Polisi dalam menjaga ataupun memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). Tampak personel Satlantas Polres Pelalawan dengan sabar menjelaskan tugas Polisi dalam melindungi, mengayomi, melayani dan membantu masyarakat, hingga mengedukasi para pelajar sebagai upaya pencegahan perundungan atau bullying di sekolah.

Siswa-siswi SD Global Andalan Pangkalan Kerinci terlihat sangat serius dalam mendengarkan paparan tersebut, hal ini menunjukkan antusiasme mereka terhadap kegiatan Polisi Sahabat Anak dan menunjukkan minat mereka dalam memahami aspek-aspek keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

Kasat Lantas Polres Pelalawan AKP Akira Ceria, S.I.K, M.M menyampaikan harapannya, melalui kegiatan Polsanak diyakini mampu meningkatkan kedekatan dan keakraban Polri terhadap seluruh pelajar.

“Kami berharap kegiatan Polsanak mampu meningkatkan rasa peduli dan peran aktif para pelajar dalam menciptakan Kamseltibcar Lantas, menambah wawasan ataupun pemahaman para pelajar betapa pentingnya menerapkan budaya tertib berlalu lintas sejak dini. Polisi adalah sahabat dan pelindung masyarakat, serta selalu siap membantu dalam situasi apapun,” kata AKP Akira Ceria, S.I.K, M.M.

AKP Akira Ceria, S.I.K, M.M menambahkan bahwa kegiatan Polsanak diharapkan menjadi tonggak awal untuk mengedukasi generasi muda tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dan mendorong peran generasi muda untuk menjadi pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

Sementara itu, agar tidak bosan dengan materi yang diberikan serta untuk menarik perhatian siswa-siswi, sesekali AKP Akira Ceria, S.I.K, M.M mengajak siswa-siswi untuk bernyanyi, menari dan bermain bersama.

Lebih lanjut disampaikan Kasat Lantas Polres Pelalawan, tak hanya sekadar pembelajaran, kegiatan ini juga bertujuan membangun hubungan positif antara Polisi dan masyarakat, khususnya anak-anak.

“Dengan cara ini, diharapkan para pelajar tidak hanya memiliki pengetahuan, tetapi juga sikap yang aman dan bertanggung jawab dalam berlalu lintas. Dan semoga anak-anak tidak takut terhadap Polisi dan merasa bangga dengan Polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” tutupnya.(ROMI87)