Cukup Gelar Insinyur, Jokowi Sudah 21 Kali Tolak Gelar Doktor Honoris Causa

by -239 views

Jakarta/transparansiindonesia.com – Ternyata hingga saat ini tercatat sudah ada 21 kali penawaran pemberian gelar doktor honoris causa (HC) kepada Presiden Joko Widodo. Dan semuanya ditolak oleh Jokowi.

Jokowi merasa sudah cukup dengan gelar insinyur kehutanan yang dia peroleh dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

“Saat ini sudah ada 21 lembaga yang ingin memberikan gelar HC kepada Presiden Jokowi, namun Presiden Jokowi hanya menginginkan gelar insinyur saja,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno,  belum lama ini, menguti wartaekonomi. .

Pratikno membeberkan hal ini Hketika menjawab permintaan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang meminta kesediaan Jokowi untuk menerima gelar HC dari salah satu perguruan tinggi di Sumatera Barat.

Baca juga:  KETUA KPK H. FIRLI BAHURI ; Sumbangsih NU Bagi Pemberantasan Korupsi Di Indonesia

Pratikno menambahkan, saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi juga pernah diberikan gelar Doktor HC oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo, Prof.Dr Bambang Setiadji, ia dinilai berhak menyandang gelar tersebut karena prestasinya selama menjadi Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta.

Namun saat itu Jokowi menyatakan dirinya belum layak mendapatkan gelar tersebut, menurut Pratikno, Jokowi paling tersenyum kalau diberitahu ada yang akan memberikan gelar HC.

“Saya ini kan gelarnya insinyur, bukan doktor he..he..he..” kata Pratikno menirukan ucapan Presiden Jokowi.  (red/TI)*

Baca juga:  110 KK Kampung Bumi Ratu Bagikan BLT Tahap dua