Tim ADB-IFAD Kunjungi Minsel, Siap Bantu Pengembangan Agroindustri Kentang

by -247 views

  Minsel, transparansiindonesia.com – Tim dari International Fund for Agriculture Development (IFAD) dari IDB, mengunjungi Kabupaten Minahasa Selatan pada Kamis, 12 April 2018, dan diterima oleh Sekda Minsel Danny Rindengan MSi, mewakili Bupati DR.(HC) Christiany Eugenia Paruntu SE. D.Min.

Maksud kedatangan dari Tim IDB-IFAD ini, yang difasilitasi oleh Ditjen PSP Kementrian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI), guna membantu pengembangan agroindustri kentang di Minahasa Selatan. Dimana Minsel memiliki daerah yang sangat potensial untuk industri kentang yakni di wilayah Modoinding, yang ada di wilayah paling selatan Kabupaten Minsel.

“Minsel memiliki daerah yang potensial, untuk pengembangan Industri kentang, yakni wilayah kecamatan Modoinding, dan Tim IDB-IFAD siap membantu Minsel dalam hal pengembangan Industri kentang, sehingga Minsel boleh menjadi sentra kentang di Indonesia Timur, bahkan Indonesia.” kata Kadis Frans Tilaar.

Setelah melakukan pertemuan di Ruangan Sekda Minsel, Tim IDB-IFAD, bersama Staf Bappenas RI, Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut, Kepala Dinas Pertanian Minsel Ir Frans Tilaar yang didampingi Kabid PSP Augus Sumajow dan Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Brian Rantung SP.MSi, serta staf pegawai Distan Minsel, langsung mengunjungi wilayah Modoinding.

Baca juga:  Bupati CEP Exit Meeting Dengan BPK-RI Perwakilan Sulut

  Dalam kunjungan tersebut, yang dipusatkan di Desa Kakenturan Barat, Tim melihat langsung segala potensi yang dimiliki oleh Minsel, diwilayah Modoinding, yang sangat potensi untuk pengembangan industri kentang, serta bertemu langsung dengan masyarakat dan para petani di kecamatan Modoinding.

“Kita akan mewujudkan pertanian di Minsel yang maju dan modern, apalagi Pertanian di Minsel, sudah ditunjang dengan modernisasi pertanian, dimana banyak alat-alat pertanian yang masuk ke Minsel, itu semua berkat perjuangan Ibu Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, untuk kemajuan pertanian Minsel, demi kesejahteraan masyarakat, menuju Minsel Hebat dan Terdepan.” tambah Kepala Dinas Frans Tilaar.

Baca juga:  Perlancar Mobilitas Warga, Dandes 2019 Lowian Satu Kerjakan Rabat Beton Jalan

Setelah melihat segala potensi yang dimiliki Minsel dalam hal pengembangan Agroindustri Kentang, pihak Tim IDB-IFAD, sangat kagum dengan segala potensi sumber daya alam yang dimiliki Minsel, dan akan membantu Minsel dalam pengembangan Agroindutri Kentang di Minsel.

Turut serta juga dalam kegiatan ini, TIM IDB-IFAD, Ditjen Kementan RI, Dinas Peternakan dan Pertanian Provinsi Sulut, Kepala Dinas Pertanian Minsel Frans Tilaar, Sekretaris Dians Pertanian Ronald Paath, para Kepala Bidang Distan Minsel, diantaranya Kabid PSP, Augus Sumajow, Kabid TPH Brian Rantung, kabid Penyuluhan, kabid Petrrnakan, Staf dan Pegawai Distan Minsel, Camat Modoinding Harits Lokas, para Kelompok Tani yang di Modoinding, serta masyarakat Kecamatan Modoinding.

‘Marilah kita semangat menanam kita akan sejahtera kemudian’      (Hengly/TI)*