Bupati Tetty Paruntu Tanda-Tangani Hibah Kapal Pelra dengan Kemenhub RI

by -215 views

Minsel/transparansiindonesia.com – Suatu inovasi dan komitmen dari Bupati DR.(HC) Chriatiany Eugenia Paruntu SE. D.Min dalam memajukan dan membangun Kabupaten Minahasa Selatan, dimana lewat lobi-lobi yang dilakukan Bupati cantik ini, Kabupaten Minahasa Selatan mendapatkan bantuan kapal pelayaran rakyat dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI).

Hal tersebut diwujud nyatakan melalui penanda-tanganan NPHD dan BAST Kapal kapal pelayaran rakyat dari Kemenhub RI, dengan Menteri Perhubungan Ir. budi Karya Sumadi, yang dilaksanakan di pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar.

Kapal 35 GT, yang dihibahkan ke Kabupaten Minsel tersebut, memiliki daya tampung penumpang 24 orang.

Ini merupakan wujud nyata dari program Kementerian Perhubungan RI, dalam menunjang Nawacita, terlebih dalam meningkatkan peran serta pemerintah daerah dalam pelayanan transportasi angkutan laut bagi masyarakat lokal diwilayah daerah tersebut.

Selain untuk angkutan penumpang, kapal ini juga baik untuk angkutan barang maupun sarana penunjang wisata, terutama wisata laut, karena kapal Pelra ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas peralatan keselamatan yang cukup modern dan lengkap, diantaranya perlengkapan keselamatan jiwa, perlengkapan navigasi, radio komunikasi, dan pencegahan pencemaran dengan tetap memperhatikan aspek kenyamanan penumpang.

Baca juga:  Kontingen Minsel Siap Mengikuti O2SN Tingkat Provinsi

Yang lebih membanggakan, menjelang peringatan Hari Kartini, dimana Bupati Cantik ini merupakan ‘Kartini Masa Kini’, Bupati Tetty Paruntu merupakan satu-satunya Bupati Perempuan yang menerima bantuan kapal Banawa Nusantara, salah satu karya terbaik anak bangsa, dan juga kabupaten Minahasa Selatan merupakan satu-satunya kabupaten di Sulawesi yang memerima hibah kapal tersebut.

Bupati Tetty Paruntu berharap dengan adanya bantuan kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) ini, dapat menunjang aspek transportasi laut, yang merupakan kearifan lokal masyarakat untuk menstimulasi daerah membangun daerah sendiri, disamping itu juga adanya bantuan sekolah pelayaran yang merupakan bantuan dari Kemenhub untuk Kabupaten Minsel.

Baca juga:  Sukseskan Proyek Upland 2020-2024, Minsel Dapat Anggaran Rp.128 M dari Kementan RI

Bupati pun menambahkan untuk pendidikan Vokasi atau keahlian maayarakat dapat mengerti keselamatan, dimana pelaksanaannya dapat diatur daerah sebaik-baiknya secara legal, dimana baik itu untuk wisata, penumpang maupun barang, serta bantuan ini agar dapat terus dipelihara dan dijaga dengan baik, agar tidak ditarik lagi kembali ke Kemenhub.

“Kapal Pelayaran Rakyat ini, bisa digunakan sebagaibsarana transportasi komersil, demi menunjang berbagai sektor, seperti sektor pariwisata, perdagangan, transportasi antar pesisir,  dan sektor lainnya, yang membutuhkan, jasa kapal pelayaran rakyat ini.” ungkap Bupati Tetty Paruntu.

Selesai melakukan penanda-tanganan, Bupati Tetty Paruntu bersama rombongan, langsung meninjau kapal Pelra yang dihibahkan ke Kabupaten Minsel dari Kemenhun RI.

Turut mendampingi Bupati dalam acara penanda-tanganan ini, kepala dinas perhubungan Minsel Verra Lasut, Kabag Humas dan Protokoler Henri Palit SH.    (Hengly/TI)*